Sophia Latjuba Berduka

Sophia Latjuba Berduka, Asisten Rumah Tangganya Meninggal Dunia, Ungkap Jasanya Membesarkan Eva Celia dari Kecil hingga Ikut ke Amerika

Liputan6.com 2024-01-11 19:00:00
Sophia Latjuba pamer busana baju renang yang diunggah pada 19 Oktober 2022. (Foto: Aldo Sinarta via Instagram sophia_latjuba88)

Sophia Latjuba baru saja membawa kabar duka. Asisten rumah tangganya (ART) yang telah bersamanya sejak lama, meninggal dunia. Asisten rumah tangga yang dipanggil Mbak Diah itu, memiliki jasa yang sangat besar di mata Sophia Latjuba.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh Sophia Latjuba melalui unggahan di Instagram Stories akun @sophia_latjuba88 miliknya pada hari ini, Kamis (11/1/2024). Sejumlah foto kenangan sang asisten rumah tangga diunggah oleh ibunda Eva Celia.

Sophia Latjuba tampak mengunggah foto-foto ketika mendiang Mbak Diah sedang bersama anak-anaknya, termasuk Eva Celia. Ia juga memperlihat foto-foto sewaktu Mbak Diah sedang berada di sebuah kebun dan saat bertemu kerabatnya.

Melihat ungkapan duka yang dituliskan Sophia Latjuba bersama foto-foto tersebut, terungkap bahwa Mbak Diah ternyata sudah sangat lama bekerja dengan Sophia Latjuba. Bahkan ia sudah bekerja sejak Eva Celia masih sangat kecil.


Kabar Duka yang Disampaikan Sophia Latjuba

Pada unggahan pertama di Instagram Stories, Sophia Latjuba menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus mendoakan ketenangan Mbak Diah untuk selamanya.

Di sini juga Sophia Latjuba mengungkap jasa-jasa Mbak Diah, termasuk membesarkan Eva Celia sejak masih kecil hingga ikut pindah ke Los Angeles, Amerika Serikat.

"Mbak Diah, selamat istirahat ya.... Rest in Peace. Terima kasih buat semuanya, sudah ikut jaga anak-anak dari Eva kecil, SMP, ikut pindah ke LA. We will miss you," tulis Sophia Latjuba.


Sophia Latjuba Mendoakan Ketabahan Keluarga Mbak Diah

Selanjutnya, bersama foto Mbak Diah di sebuah kebun, Sophia Latjuba mendoakan agar keluarga asisten rumah tangganya itu diberi ketabahan oleh Sang Khalik.

"RIP Mbak Diah. Doa untuk Sultan, Ibnu, Mas Lisin, mbak Emy, semoga diberikan ketabahan," tulis Sophia Latjuba.

"We'll miss you, Queen," tutup Sophia Latjuba bersama foto ketiga saat dirinya bersama putri keduanya yakni Manuella, serta Mbak Diah dan anaknya.


Manuella Anak Kedua Sophia Latjuba Kuliah di Jerman

Di luar kabar duka tersebut, pada Oktober lalu Sophia Latjuba mengantarkan buah hatinya yang akan menjalani kuliah di Jerman. Putri keduanya dari pernikahannya dengan Michael Villareal, Manuella Aziza saat ini sudah tumbuh semakin dewasa.

Dalam kesempatan tersebut, Sophia Latjuba bersama Eva Celia mengantar Manuella Aziza ke bandara. Dalam unggahan Instagramnya pemain film Catatan Si Boy ini menuliskan rasa bangganya sang anak bisa kuliah di Jerman.

"Nganterin gadis kecilku berangkat sekolah ke Jerman... Suddenly she's 18, and ready to explore the world....To my baby girl Manuella... Mom's so proud of you!" tulisnya.

Tak Peduli Disebut Pocong

Luna Maya Sengaja Pakai Sunblock Sampai Cemong, Tak Peduli Disebut Pocong

Liputan6.com 2024-01-11 15:00:42
Luna Maya Ungkap Cara Dirinya Pakai Sunblock, Cuek Wajahnya Cemong dan Disebut Pocong. foto: TikTok @lunamaya

Luna Maya merayakan pergantian tahun baru dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat terdekat di tanah kelahirannya, Bali. Salah satu potret yang diunggah Luna saat liburan di akun Instagramnya menarik banyak perhatian warganet.

Kekasih Maxime Bouttier ini tampil dengan penuh percaya diri menggunakan sunblock tebal di wajahnya saat berenang di sebuah pantai di Bali. Saking tebalnya, wajah Luna Maya jadi terlihat sangat putih.

Hal ini sempat membuatnya mendapatkan berbagai komentar dari warganet. Tak sedikit yang menyebut Luna Maya seperti pocong hingga mempertanyakan kenapa mengenakan sunblock super tebal.

Menjawab rasa penasaran warganet, Luna pun membagikan sebuah video di akun TikTok miliknya, @lunamaya. Ia memperlihatkan bagaimana dirinya meminta seseorang untuk mengoleskan sunblock ke wajahnya sebelum bermain di pantai.

"Aku kalau pakai sunscreen setebal harapan orangtua," ujarnya dalam video yang dibagikan pada Selasa, 9 Januari 2024. Ia pun cuek dengan pendapat orang lain, yang penting wajahnya terlindungi sinar matahari dengan baik. Wajah artis kelahiran 40 tahun lalu itu pun terlihat sangat putih.

"Demi menjaga kulit. Nggak apa-apa biarin dibilang cemong, dibilang pocong. Bodo amat yang penting terjaga," sambungnya. Hal yang sama juga ia lakukan pada Maxime Bouttier. Menurutnya, tiap orang butuh sunblock, termasuk pria.

Luna pun langsung mengaplikasikan sunblock ke wajah kekasihnya. Setelah bermain di pantai dan merasakan perih karena terkena air laut, Luna terlihat menepi dan kembali mengaplikasikan ulang sunblock ke wajahnya.

Begitu juga saat menaiki perahu untuk snorkeling. Video itu viral dan sampai berita ini ditulis sudah dilihat lebih dari 2,3 juta kali dan mendapatkan lebih dari 279 komentar dan disukai lebih dari 59 ribu kali.


Setebal Isi Kantong Luna Maya

"Pake sih sunscreen cm gak setebal isi kantong kak luna jugak," komentar seorang warganet.

"Cuma luna yang masih terlihat cantik musti cemong wajahnya," tulis warganet yang lain.

"Kulitnya sehat bgt yaa kenceng," ujar warganet lainnya.

"Gak ngaruh, luh aman Lun, mau diapain jg tetep cakep, cakep ya tetep cakep," kata warganet lainnya.

Sebelumnya, potret Luna yang menjadi sorotan, yakni ketika menggunakan sunblock tebal di wajah saat berenang di pantai diunggah pada Selasa, 2 Januari 2024. "Sun, sand, and smiles," tulisnya dalam keterangan unggahannya.

Warganet pun gaduh dan seketika membanjiri kolom komentar dengan beragam tanggapan. "Mba Bulan pake bedak dingin juga toh," bunyi salah satu komentar.

Dikutip dari Verywell Health, Rabu, 3 Januari 2024, sunblock dan sunscreen adalah dua jenis pelindung matahari yang cara kerjanya berbeda. Sunscreen memfilter sinar ultraviolet (UV) matahari, sedangkan sunblock memantulkan sinar matahari dari kulit.

Kedua bentuk tersebut efektif melindungi kulit dari sengatan matahari dan mencegah kerutan. Sunscreen adalah jenis perlindungan matahari yang paling umum digunakan yang memfilter sinar UV matahari.


Sunblock dan Sunscreen

Sunscreen mencegah sebagian besar sinar masuk, tetapi membiarkan sebagian masuk. Ini juga bisa disebut chemical sunscreen. Sunscreen dan sunblock merupakan bentuk perlindungan matahari yang sangat baik. Pastikan Anda memilih tabir surya yang menawarkan:

* Cakupan spektrum luas (melindungi dari sinar UVA dan UVB)

* SPF 30 atau lebih tinggi

* Water resistance (Tahan air)

Sunblock dan sunscreen berspektrum luas akan mencegah penuaan dini serta sengatan matahari. Pastikan perlindungan terhadap sinar matahari diterapkan dengan benar. Sunscreen atau sunblock hanya akan melindungi kulit jika digunakan dengan cara yang benar.

Sebuah penelitian terhadap 101 perempuan di Brasil, di mana paparan sinar UV cukup tinggi, mengamati jumlah sebenarnya tabir surya SPF 30 hingga SPF 45 yang mereka gunakan pada wajah mereka. Para peneliti kemudian menghitung seberapa banyak perlindungan sinar UV yang dimiliki perempuan tersebut, berdasarkan bagaimana produk tersebut diaplikasikan. Karena sunscreen tidak diaplikasikan dengan benar, para perempuan tersebut tidak mendapatkan perlindungan yang seharusnya diberikan oleh produk tersebut


Momen Setahun Luna dan Maxime Pacaran

Pada Desember 2023, Luna Maya dan Maxime Bouttier merayakan satu tahun hubungan mereka. Di peringatan hari jadi mereka, Maxime berbagi foto Luna di Instagram pribadinya, Senin, 18 Desember 2023.

Aktor tersebut mengunggah empat foto dan satu video untuk merayakan momen setahun pacaran. Di foto pertama, yang berlatar sebuah air terjun dikelilingi pepohonan asri, Luna terlihat tersenyum ke arah kamera. Ia tampil kasual dengan kaus hitam dan celana jeans.

Foto-foto lainnya menampilkan kebersamaan pasangan itu. Ini termasuk saat Luna mengenakan kimono, menghabiskan waktu bersama di mobil, foto candid Luna Maya, dan saat mereka berlibur di sebuah danau. Melengkapi unggahan tersebut, Maxime juga menuliskan pesan romantis untuk sang kekasih.

"We laugh we quarrel (kita tertawa, kita berselisih)," tulis Maxime. "We love we fight (kita saling mencintai, kita bertengkar)."

"It has been a year since we began this dynamic together, and not in my wildest imagination we would cross paths and move to this direction together. (Sudah setahun sejak kita memulai dinamika ini bersama-sama, dan tidak pernah ada dalam imajinasi terliar saya (bahwa) kita akan bertemu dan bergerak ke arah ini bersama-sama)," ungkap Maxime.

"I have the luck of calling you my friend and my partner, and share the sweet and bitter moments of our lives to each other. (Saya beruntung memanggilmu teman dan pasangan saya dan berbagi momen manis dan pahit dalam hidup kita satu sama lain)," tulisnya lagi."Happy one year (Selamat (bersama) satu tahun)," tutup keterangan romantis itu.

Hantaran Perhiasan hingga Pisau

Daftar Hantaran Pangeran Abdul Mateen kepada Anisha Rosnah, Perhiasan hingga Pisau

Liputan6.com 2024-01-11 11:19:59
Prosesi pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Isa dimulai pada 7 Januari 2024. Akad nikah akan digelar pada 11 Januari. Netizen pun patah hati. (Foto: Dok. Instagram @tmski)

Sebelum resmi menjadi suami istri dalam akad nikah yang digelar hari ini, Kamis (11/1/2024), ada proses panjang yang mesti dialui Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah atau Anisha Isa Kalebic. Salah satunya, prosesi lamaran atau Pertunangan Diraja yang digelar pada 9 Januari lalu.

Dilansir dari Borneo Bulletin, lamaran ini digelar di Istana Nurul Iman, terdiri dari prosesi Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja, Pertunangan Diraja, dan Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja.

Layaknya tradisi hantaran di Indonesia, dalam prosesi royal wedding ini pihak mempelai pria memberikan sejumlah hadiah dan barang kepada pihak pengantin wanita.

Kakak Pangeran Abdul Mateen, Pangeran Abdul Malik, menjadi perwakilan keluarga yang memulai pelaksanaan prosesinya.

Delegasi Pangeran Abdul Mateen datang dengan awang-awang yang membawa sejumlah baki berisi hantaran dan hadiah kepada Anisha Rosnah. Salah satu isinya, surat mahar, berisi tulisan yang menyatakan keinginan sang pengantin pria untuk melamar.

Dalam baki-baki ini juga diletakkan berian---atau hadiah lamaran---seperti sepasang gaun, gelang, anting-anting, dua cincin, ceramai, kelakati, dan pisau.

Dibawa pula 16 dian---lilin seremoni Kerajaan---dan aksesori kebesaran seperti sinipit, pedang dan tombak, tumbak benderangan, kabok, dan panastan.


17 Kali Tembakan Meriam

Setelah disampaikan, hadiah dan lamaran dari perwakilan pengantin pria pun diterima. Tembakan meriam sebanyak 17 kali dikumandangkan di luar Istana Nurul Iman sebagai simbol lamaran sang pangeran telah diterima.

Kemudian Doa Selamat dibacakan khatib, untuk menandakan bahwa hadiah tersebut telah diterima pihak pengantin wanita.


Berbedak Pengantin Diraja

Sementara itu, malam sebelum akad nikah, digelar prosesi Berbedak Pengantin Diraja, yang merupakan tradisi turun temurun Brunei Darussalam.

Prosesi Berbedak Pengantin Pangeran Abdul Mateen sendiri, dilakukan langsung oleh Sultan Hassanal Bolkiah, sang istri, Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha, serta didampingi Putera Mahkota Haji Al-Muhtadee Billah.


Rangkaian Acara hingga 16 Januari 2024

Diberitakan sebelumnya, akad nikah akan digelar di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien di Bandar Seri Begawan. Tiga hari setelahnya, 14 Januari, resepsi pernikahan akan digelar.

Kanal Lifestyle Liputan6.com melansir dari The Scoop, acara ini disebut Majlis Bersanding Pengantin Diraja, dan digelar di Istana Nurul Iman. Dalam momen ini pula para tamu undangan dari seluruh dunia akan hadir.

Pada hari yang sama, parade akan digelar di Bandar Seri Begawan. Royal Wedding ini secara resmi akan berahir pada 16 Januari 2024.

Ngaku Hanya Jadi Kuli Eva Manurung

Jordan Ali Ngaku Hanya Jadi Kuli Eva Manurung Selama Jalan-jalan di Thailand

Liputan6.com 2024-01-11 12:30:00
Jordan Ali dan Eva Manurung sepulang dari Thailand. (Instagram @jordan_ali0992)

Hubungan asmara Jordan Ali dan Eva Manurung sudah berakhir. Namun, keduanya tidak putus secara baik-baik. Bahkan, Eva Manurung dan Jordan Ali kini saling sindir lantaran keduanya beda pengakuan terkait siapa yang pertama kali mengakhiri hubungan.

Jordan Ali mengaku diputus sepihak oleh Eva Manurung melalui aplikasi chat. Sementara, Eva Manurung mengaku Jordan Ali yang pertama kali memutuskan hubungan dan ia masih belum menerima keputusan bintang FTV itu.

Tak hanya beda pernyataan soal siapa yang lebih dulu memutuskan hubungan. Jordan Ali dan Eva Manurung juga berbeda sikap seputar momen mereka jalan-jalan ke Thailand. Bahkan, Jordan Ali mengaku bukan dirinya yang mengajak ke Negeri Gajah Putih.

Klaim itu disampaikan Jordan Ali melalui video di akun Instagram @jordan_ali0992, Selasa (9/1/2024). Ia menyayangkan pernyataan Eva Manurung yang mengungkit banyaknya biaya selama di Thailand. Jordan Ali juga mengaku perjalanannya ke Thailand bukan untuk berlibur, melainkan sebagai "kuli" Eva Manurung.


Jordan Ali Ungkap Momen di Thailand Versinya

Jordan Ali menegaskan bahwa dirinya sama sekali tak pernah mengajak Eva Manurung pergi ke Thailand. Ia sempat mengingatkan Eva Manurung perihal banyaknya biaya yang keluar. Namun Eva Manurung berkukuh ingin ke sana.

"Beliau mengatakan sudah habis uang banyak untuk liburan ke Thailand. Aku kasih tahu. Demi Allah, demi Rasulullah, saya tidak minta untuk pergi ke Thailand... Tapi, mami kekeh mau ajak saya ke Thailand," ucap Jordan Ali.

Pernyataan sang aktor disampaikan setelah ia memutar rekaman wawancara Eva Manurung dengan para pewarta saat mengeluhkan banyaknya biaya yang keluar selama di Thailand.

"Saya sudah mengatakan ke mami seperti ini, 'Mi, daripada mami ke Thailand, lebih baik uangnya disimpan. Siapa tahu nanti suatu saat mami butuh itu uang ada. Daripada mami ke Thailand habis-habisin uang yang banyak, lebih baik uangnya mami simpan.' Tapi apa? Tetap kekeh beliau mau pergi ke sana," sambung Jordan Ali.


Jordan Ali Tak Merasa Liburan tapi Menemani Eva Manurung Berbisnis

Jordan Ali mengatakan bahwa dirinya sama sekali tak merasa liburan selama di Thailand. Alih-alih, ia merasa seperti kuli lantaran mendampingi Eva Manurung berbisnis. Ia juga menegaskan bahwa Eva yang sangat ingin pergi ke Thailand.

"Aku sama beliau itu ke Thailand bukannya liburan. Mohon maaf, tapi saya jadi kulinya mami. Karena mami ke Thailand itu punya usaha jastip (jasa titip). Kenapa saya diajak? Padahal saya sebenarnya enggak mau. Tapi mami tetap kekeh mengajak saya ke Thailand, untuk jadi kulinya mami," ucap Jordan Ali.

"Saya yang mengangkat semua kopernya dia. Terus ngurusin semua jastipnya dia, semua saya yang handle. Jadi, wajar kalau mami sudah habis banyak semuanya itu, atas dasar kemauannya mami sendiri. Bukan atas dasar kemauan saya. Jadi, kalian harus catat.... Tanpa ada paksaan apapun dari saya," sambungnya.


Jordan Ali Menyampaikan Awal Mula Putus dari Eva Manurung

Sebelumnya, Jordan Ali menjelaskan perihal awal mula putus dengan Eva Manurung. "Jelas-jelas yang aslinya, beliau itu chat ke saya, WhatsApp, mengatakan, 'Elu sama gua sudah tidak ada hubungan lagi, nanti gua akan cerita di infotainment manapun.' Beliau sendiri yang bilang ke saya seperti itu. Makanya saya buat video ini," ucap Jordan Ali.

"Saya juga sudah ngomong baik-baik sama beliau tapi beliau malah marah-marah sama saya. Katanya, beliau enggak terima... Jadi mohon maaf, bukan saya yang mutusin beliau, tapi beliau sendiri yang bilang ke saya. Masalahnya, chat mami di aku masih ada," lanjutnya.

Siap Nikah Usai 3 Bulan Cerai

Yama Carlos Ungkap Kesiapan Menikah dengan Carina Ivola Setelah Tiga Bulan Bercerai dari Arfita Dwi Putri

Liputan6.com 2024-01-11 10:00:00
Yama Carlos dan Karina. (M Altaf Jauhar)

Aktor Yama Carlos baru-baru ini mengungkapkan kesiapannya untuk melangkah ke pelaminan kembali setelah tiga bulan bercerai dari Arfita Dwi Putri. Pada 21 September 2023, Pengadilan Negeri Tangerang mengeluarkan keputusan resmi mengenai perceraian mereka.

Dalam wawancara di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Rabu (10/1/2024), Yama Carlos menyatakan bahwa ia tidak pernah takut atau trauma untuk membina hubungan yang lebih serius atau memasuki kehidupan berumah tangga yang baru.

Dalam harapannya, pernikahannya dengan Carina Ivola, sang kekasih, diharapkan menjadi yang terakhir. Yama berharap, dengan izin Tuhan, mereka dapat diberkahi dengan momongan sebagai buah cinta mereka.

"Niat saya, jika Tuhan mengizinkan, ini kami berdua yang terakhir. Dan jika Tuhan memberikan bonus lagi, ada buah hati yang keluar dari hubungan kami berdua ini," ujar Yama dengan penuh harapan.


Rasa Syukur

Yama Carlos juga mengekspresikan rasa syukurnya karena telah menemukan sosok pendamping yang diharapkannya selama ini. Carina Ivola dinilainya bukan hanya memiliki kecantikan fisik, tetapi juga keperhatian dan perasaan yang mendalam. Menurut Yama, kehadiran Carina sangat berarti karena membawa keseimbangan antara keindahan fisik dan kepedulian emosional.

"Dari segi pribadi, ini mungkin yang selama ini saya harapkan, yaitu punya sosok pendamping yang lebih perhatian, bukan hanya secara fisik, tetapi juga secara emosional," tutur Yama Carlos.


Dukungan

Lebih lanjut, Yama menilai bahwa Carina Ivola mampu memberikan masukan yang baik dan dukungan yang erat dalam berbagai aspek kehidupannya.

"Bisa memberikan masukan yang lebih baik, saling support, bahkan memproteksi saya," tambahnya dengan tulus.

Meskipun Yama belum membagikan detail kapan pernikahannya dengan Carina Ivola akan dilangsungkan, ia telah memberikan penegasan bahwa hubungan mereka berdua telah berjalan harmonis selama ini.


Pacar Baru yang Penuh Suport

Sebelumnya, Yama Carlos telah memperkenalkan Karina sebagai pacar barunya setelah bercerai dengan Arfita Dwi Putri pada September 2023. Keduanya terlihat mesra dan kompak saat menghadiri sebuah acara di Lotte Avenue, Jakarta Selatan. Yama Carlos menyebut bahwa Karina sudah menjadi kekasihnya dan bahwa mereka telah saling mendukung selama satu bulan terakhir.

Dengan perkembangan ini, publik dapat terus mengikuti kisah asmara Yama Carlos dan Carina Ivola. Kami akan memberikan informasi terkini seputar rencana pernikahan dan perjalanan cinta pasangan ini. Tetaplah berada di sini untuk mendapatkan berita terbaru mengenai aktor dan kehidupan pribadinya.

"Sudah satu bulan ini kami saling support," kata Yama Carlos.

Tidak Dendam pada Venna Melinda

Ferry Irawan Menerima Kondisi Pasca Perceraian dan Pembebasan dari Penjara, Tanpa Dendam pada Venna Melinda

Liputan6.com 2024-01-11 13:00:00
[Instagram/ferryirawanreal]

Perjalanan hidup Ferry Irawan, pemain sinetron yang pernah mencapai puncak popularitas, tidak luput dari liku-liku yang kompleks. Dari proses perceraian hingga mendekam di Lapas Kediri karena dituduh terlibat dalam tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perjalanan ini menjadi sorotan banyak pihak.

Pada tanggal 18 Agustus 2023, Ferry Irawan dibebaskan dari Lapas Kediri setelah menjalani masa tahanan selama 7 bulan. Namun, kisahnya tidak berhenti di sana. Mantan istrinya, Venna Melinda, tidak hanya menggugat cerai tetapi juga melaporkan Ferry Irawan ke Polres Kediri terkait dugaan tindak kekerasan dalam rumah tangga.

Meski melalui peristiwa yang sulit dan penuh tekanan, Ferry Irawan menyatakan bahwa ia tidak merasa sakit hati atau membawa dendam terhadap Venna Melinda.

Dalam sebuah wawancara di Warung Kondre, Ciputat, Tangerang Selatan, pada Selasa (9/1/2024), Ferry Irawan menyatakan, "Belum ketemu lagi, tapi saya tidak pernah sakit hati atau dendam. Semua yang terjadi atas kehendak dan izin Allah."


Memaafkan

Menariknya, meskipun sudah bercerai dan menjalani masa tahanan, Ferry Irawan memilih untuk memaafkan Venna Melinda. Ia menegaskan bahwa segala kejadian dalam hidupnya dijalani dengan penuh ketakwaan.

Dalam pandangan Ferry, memaafkan adalah langkah pertama untuk membebaskan diri dari beban emosional yang mungkin timbul akibat peristiwa-peristiwa tersebut.


Menjalin Silaturahmi

Ferry Irawan bahkan menyatakan bahwa ia tidak menutup pintu untuk menjalin silaturahmi dengan Venna Melinda. Jika esok bertemu di lokasi syuting, ia berjanji untuk berusaha menemui dan menjaga hubungan baik dengan mantan istrinya tersebut.

"Saya nggak masalah kalau satu kerjaan (dengan Venna Melinda). Saya hanya berharap hubungan personal saya dengan Venna Melinda tetap terjaga baik," ucapnya.


Inspirasi

Sebagai seorang public figure, pernyataan dan sikap positif dari Ferry Irawan di tengah peristiwa pribadinya yang kompleks ini, dapat memberikan inspirasi dan contoh bahwa kehidupan penuh toleransi dan kedewasaan adalah kunci untuk melewati cobaan dengan mulus.

Terus pantau perkembangan berita ini untuk mendapatkan informasi terkini mengenai perjalanan hidup Ferry Irawan dan Venna Melinda.

Cetak Sejarah Sebagai Anggota Parlemen

Mar Galceran Cetak Sejarah Sebagai Anggota Parlemen Spanyol Pertama yang Mengidap Down Syndrome

Liputan6.com 2024-01-10 20:40:34
Mar Galceran menjadi anggota parlemen Spanyol pertama yang mengidap down syndrome. (Dok. Jos Jordan/AFP)

Selama beberapa dekade dia berjuang memastikan bahwa penyandang disabilitas intelektual menjadi bagian dari perbincangan. Namun, sejauh mana kemajuan yang dicapainya, baru-baru ini terungkap ketika Mar Galceran menjadi anggota parlemen Spanyol pertama yang mengidap down syndrome.

"Ini belum pernah terjadi sebelumnya," kata wanita berusia 45 tahun itu kepada The Guardian, seperti dilansir Rabu (10/1/2024). "Masyarakat mulai melihat bahwa penderita down syndrome mempunyai banyak kontribusi. Tapi ini jalan yang sangat panjang."

Prestasinya telah dicapai selama beberapa dekade. Ketika Galceran berusia 18 tahun, dia bergabung dengan Partai Rakyat (PP) yang konservatif setelah tertarik pada apa yang dia sebut sebagai partai yang menganut tradisi.

Perlahan-lahan dia naik ke jajaran aparat partai. Komitmennya membuahkan hasil pada Mei 2023 ketika dia masuk dalam daftar calon ke-20 yang diusung PP pada Pilkada Valencia.

Berita bahwa Galceran telah memperoleh kursi di parlemen daerah muncul segera setelahnya.

"Selamat datang Mar," tulis pemimpin PP di wilayah tersebut, Carlos Mazon, di media sosial. "Berita bagus untuk politik, mengalahkan hambatan."


Contoh Nyata Inklusi

Pencapaian tersebut melambungkan Galceran ke peringkat teratas di antara segelintir pengidap down syndrome yang berhasil melewati hambatan untuk memasuki dunia politik.

Pada tahun 2020, Eleonore Laloux menjadi orang pertama dengan kelainan genetik di Prancis yang terpilih untuk jabatan publik, yakni sebagai anggota dewan kota di kota utara Arras, sementara Fintan Bray dari Irlandia dipuji karena membuat sejarah setelah terpilih menduduki posisi senior di partai politik pada tahun 2022.

Di Spanyol, jalur Galceran dalam dunia politik dirintis oleh Angela Bachiller, yang pada tahun 2013 menjadi anggota dewan kota Spanyol pertama yang mengidap down syndrome, tepatnya di Valladolid.

Menurut federasi down syndrome Spanyol, Galceran mungkin menjadi orang pertama di Eropa yang bergabung dengan parlemen regional atau nasional.

"Kami belum pernah mendengar tentang orang lain," kata Agustin Matia Amor dari Down Espana. "Ini merupakan langkah maju yang besar dan merupakan contoh inklusi yang nyata."

Dia dengan cepat menunjukkan bahwa pencapaian tersebut juga merupakan cerminan dari dekade yang dihabiskan Galceran dalam upaya memajukan status penderita down syndrome di Spanyol. Selama lebih dari 20 tahun Galceran telah bekerja sebagai pegawai negeri di Valencia, yang terakhir membantu menciptakan kebijakan inklusif, menambah empat tahun yang dia habiskan di pucuk pimpinan Asindown, sebuah organisasi di Valencia yang didedikasikan untuk membantu keluarga dengan anak-anak penderita down syndrome.

"Ini merupakan kabar baik sekaligus pengakuan atas karyanya serta berbagai inisiatif di mana dia terlibat," kata Matia Amor. "Ini adalah contoh bagus tentang apa yang mungkin terjadi."


Reaksi Beragam

Meskipun pengambilan sumpah Galceran pada September dipuji oleh media Spanyol, dia mengatakan reaksi online beragam.

"Anda dapat menemukan segala macamnya di media sosial," tutur dia. "Ada orang yang mendukung saya. Tapi ada juga yang menganggap saya tidak mampu. Tapi mereka adalah orang-orang yang tidak mengenal saya atau latar belakang saya."

Ketika dia mulai mengenal peran barunya, dia menggambarkannya sebagai tanggung jawab yang sangat besar.

"Saya ingin belajar bagaimana melakukannya dengan baik, untuk warga Valencia, dan yang lebih penting, bagi kami yang memiliki kemampuan berbeda," ujar dia.

Pada akhirnya, dia berharap kehadirannya di dapat membantu menghilangkan berbagai prasangka yang masih melekat di masyarakat, terutama terkait dengan penyandang down syndrome.

"Saya ingin orang-orang melihat saya sebagai pribadi, bukan hanya karena disabilitas saya," imbuhnya.

Dipergoki Anak Menangis Selama Umrah

Cerita Ayudia Bing Slamet Sering Dipergoki Anaknya Menangis Selama Umrah

Liputan6.com 2024-01-11 14:30:00
Ayudia Bing Slamet (Foto: Instagram/ ayudiac)

Momen pergantian tahun dimanfaatkan keluarga Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion untuk menunaikan ibadah umrah. Anak semata wayang mereka yang bernama Sekala juga ikut serta dalam perjalanan ibadah ini.

Melalui akun Instagramnya, Ayudia Bing Slamet bercerita soal dirinya yang kerap menangis selama menjalani ibadah umrah. Dan momen ini sering kali dipergoki oleh putra tercintanya, Sekala.

"Selama di sini, Sekala jadi beberapa kali suka liat Mama nangis, trus ini anak jadi nyeletuk 'Mama jangan nangis dong.' Si anak yang paling gak tega ngeliat orang nangis. Karena juga gampang ikut berempati," tutulisnya.

Bersama keterangan itu, artis berusia 33 tahun ini menyertakan foto sang anak yang mengenakan busana serba putih. Dia duduk di lantai Masjidil Haram dengan tenang.


Jawaban Sekala

Mendengar kalimat sang anak, Ayudia menjelaskan bahwa tidak mengapa seseorang menangis. Itu bagian dari emosi manusia yang harus dikeluarkan. Tanpa diduga, jawaban Sekala mengundang tawa.

"Terus Mama jawab, "ya gak apa-apa dong Sekala, emang kenapa sih kalau Mama nangis, itu kan perasaan, harus dikeluarin aja". Lalu dijawab oleh Sekala, "Iya tapi kan jadinya aku yang babysit nanti" (karena nenangin orang nangis)" tuturnya.


Doa Ayudia

Dalam Instagramnya, Ayudia juga memperlihatkan sejumlah foto di sela-sela waktunya menjalani ibadah. Salah satunya adalah foto di Masjid Nabawi. Dalam keterangannya, dia melantunkan doa.

"O Allah, forgive us and have mercy upon us (Ya Allah, ampunilah kami dan kasihanilah kami)" ungkapnya.


Doa Ditto

Sementara Ditto Percussion berdoa agar segera bisa kembali menunaikan ibadah umrah dalam waktu dekat. Dia juga berdoa untuk keluarga kecilnya.

"Last night in Mecca saya berdoa bawa kami kembali selalu kesini ya Allah , dan jadikan keluargaku tempat ternyaman untuk hidupku .. satu lagi jadikan ayudia chaerani sahabat dunia akhirat amin," tutupnya.

Sah Jadi Suami Anisha Rosnah

Pangeran Abdul Mateen Sah Jadi Suami Anisha Rosnah, Maharnya 1.000 Ringgit Brunei

Liputan6.com 2024-01-11 14:03:32
Pangeran Abdul Mateen Sah Jadi Suami Anisha Rosnah. foto: Instagram @tmski.updates

Pangeran Abdul Mateen akhirnya sah menjadi suami Anisha Rosnah setelah akad nikah dilaksanakan siang ini, Kamis (11/1/2024). Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah menikah di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

"Prince Mateen and Dayang Anisha Rosnah are a married couple today. Alhamdulillah. Allah Peliharakan Pengantin Diraja (Pangeran Mateen dan Dayang Anisha Rosnah sudah resmi menikah hari ini. Alhamdulillah Allah menjaga Pengantin Diraja," tulis akun Instagram @ tmski.updates dalam unggahannya, Kamis (11/2/2024).

Dalam unggahan itu, Pangeran Mateen terlihat memakai busana berwana putih dengan benang perak, dipadukan dengan penutup kepala putih. Ia duduk di hadapan penghulu mengucapkan ijab qabul dengan lancar, meski raut wajahnya terlihat tegang.

"Saya terima nikahnya dengan mahar 1.000 ringgit tunai," ucapnya sembari menjabat tangan. Bila dirupiahkan, mahar itu nilainya setara dengan Rp11,725 juta.

Mateen tiba di masjid tempat akad nikah dengan menggunakan mobil Rolls Royce hitam. Ia terlihat memasuki masjid lalu duduk dan mengucapkan janji nikah. Setelah itu, ia terlihat bersalaman dengan keluarganya, termasuk dengan ayahnya, Sultan Brunei Hasanal Bolkiah. Sementara, sosok Anisha belum terlihat dalam sederet unggahan video maupun foto di akun tersebut.

Sebelum resmi menikah, Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah menjalani prosesi adat berusia ratusan tahun du Brunei Darussalam. Pangeran berusia 32 tahun itu adalah putra Sultan Brunei, sedangkan Anisha adalah cucu salah satu penasihat khusus sultan, Pehin Dato Isa.


Jalani Tradisi Kerajaan Berusia Ratusan Tahun

Pada Rabu, 10 Januari 2023, hari keempat dari 10 hari perayaan pernikahan mereka, diadakan upacara pembedakan atau Istiadat Berbedak dalam bahasa lokal. Di kesempatan itu, kedua calon pengantin tampil memesona mengenakan busana kreasi songket Brunei berwarna merah keemasan.

Aksesori serba emas nan serasi, termasuk headpiece Anisha, pun melengkapi penampilan pasangan tersebut. Momen itu salah satunya dibagikan desainer Malaysia, Teh Firdaus, yang juga merancang pakaian calon mempelai wanita di acara pengajian khatam AlQuan, awal pekan ini.

Sementara itu, Istiadat Berbedak merupakan tradisi dalam budaya Melayu dan Brunei yang telah dipraktikkan selama ratusan tahun. Dalam rangkaiannya, calon pengantin akan diberkati anggota keluarga mereka yang mengoleskan pasta bedak ke tangan mereka, seperti dikutip dari The National News, Kamis (11/1/2024).

Di beberapa versi, pasta bedak ini bahkan dioleskan ke seluruh tubuh pasangan oleh anggota keluarga masing-masing. Ritual ini dimaksudkan untuk melambangkan kesuburan dan kekayaan.


Presiden Jokowi dan Pangeran William di Pernikahan Pangeran Mateen

Para penggemar pun bertanya-tanya siapa saja undangan yang akan menghadiri pernikahan kerajaan itu. Karena Pangeran Mateen dan ayahnya Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei, menghadiri penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla, serta pemakaman Ratu Elizabeth II, diharapkan setidaknya satu anggota keluarga Kerajaan Inggris akan bergabung dalam perayaan tersebut.

Sultan juga hadir di pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011. Daftar tamu undangannya memang belum dirinci secara detail, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan menghadiri pernikahan kerajaan itu. Ini dilakukan di sela rangkaian kunjungan kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam, lapor Tim News Liputan6.com, Selasa, 9 Januari 2024.

"Ada undangan dari Sultan Hassanal Bolkiah untuk perkawinan anaknya Pangeran Mateen. Jadi, ini juga kunjungan khusus ke Brunei Darussalam," sebut Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa.

Istana Nurul Iman sendiri berlokasi di Jalan Menteri Besar, Bandar Seri Begawan BB3910, Brunei tersebut adalah kediaman resmi Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan keluarganya, serta lokasi kantor senior pemerintahan negara tersebut.


Istana Nurul Iman Lebih Besar dari Buckingham

Istana ini menjadi tuan rumah bagi badan-badan pemerintahan paling penting, termasuk kantor perdana menteri Brunei. Istana Nurul Iman beberapa kali lebih besar dari Istana Versailles dan Istana Buckingham.

Istana Nurul Iman berdiri di tepi Sungai Brunei, beberapa kilometer di selatan ibu kota Brunei. Dari kejauhan, tampak istana ini adalah bangunan besar berwarna putih dengan kubah dan menara emas. Pemandangan istana yang menakjubkan terbuka dari Taman Persiaran Damuan di dekatnya.

Atap bangunan yang melengkung dan kubah emas besar masjid istana menjulang di atas pepohonan hijau. Nama Istana Nurul Iman berarti Istana (dari bahasa Melayu Istana) Cahaya Iman (dalam bahasa Arab Nurul Iman).

Istana ini dibangun dalam waktu dua tahun dan selesai pada saat Brunei memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1 Januari 1984. Lebih dari 1 miliar dolar AS dihabiskan untuk pembangunannya.

Arsitek eksterior Istana adalah Leonardo V. Locsin, yang mencoba menyatukan tradisi arsitektur Islam dan Melayu Brunei dalam desain Nurul Iman. Sedangkan, desainer interiornya adalah Khuan Chew, yang juga mengerjakan pembangunan Burj Al Arab di Dubai.

Arsitektur kediaman Sultan ini adalah perpaduan arsitektur Eropa dan tradisional Melayu. Arsitektur tradisional dipadukan dengan dekorasi mewah ultra-modern, yakni marmer Italia, granit dari Shanghai, kaca Inggris dan sutra China terbaik. Emas dan marmer menjadi bahan dekorasi utama Istana.