Adik Pangeran Mateen Jadi Idola Baru?

Sosok Pangeran Abdul Wakeel, Adik Pangeran Mateen yang Disebut Bakal Jadi Idola Baru Setelah Kakaknya Menikah

Liputan6.com 2024-01-17 19:00:07
Abdul Mateen tampil formal mengenakan setelan jas, lengkap dengan dasinya, lalu Wakeel tampil semi formal dengan setelan jas dan kemeja hitamnya. [@dytmabdulwakeel]

Pangeran Abdul Mateen sudlah resmi menjadi suami dari Anisha Rosnah usai melangsungkan akad nikah pada Kamis (11/1/2024). Pernikahan Pangeran Mateen ini memunculkan momen 'patah hati internasional' di kalangan para penggemarnya di berbagai belahan negara.

Namun, di momen pernikahan kerajaan Brunei tersebut, perhatian publik tertuju pada sosok adik sambung Pangeran Mateen, yaitu Abdul Wakeel atau Pangeran Wakeel. Meski lahir dari ibu yang berbeda, sosok Pangeran Abdul Wakeel tak kalah tampan dari sang kakak.

Dilansir dari laman Hype dan berbagai sumber lainnya, Rabu (17/1/2024), Wakeel lahir pada 1 Juni 2006. Nama lengkapnya Pengiran Muda Abdul Wakeel, anak ke-11 Sultan Hassanal Bolkiah dari pernikahan ketiganya dengan Azrinaz Mazhar Hakim.

Kelahirannya dirayakan dengan penembakan 21 meriam di sekitar Istana Nurul Iman. Ia mendapat gelar Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda. Meski berbeda ibu, Pangeran Wakeel terlihat cukup dekat dengan sang kakak, Pangeran Mateen.

Hal itu mungkin karena Mateen adalah kakak yang jarak usianya paling dekat dengan dirinya, yaitu terpaut 14 tahun. Pangeran Wakeel memiliki seorang adik kandung perempuan yang usianya terpaut 2 tahun dengan dirinya, yaitu Pengiran Anak Puteri Ameerah Wardatul Bolkiah.

Azrinaz Mazhar Hakim, ibu kandung Pangeran Wakeel, adalah seorang jurnalis asal Malaysia. Ia menikah dengan sang Sultan pada 2005 silam, dan bercerai pada 2010. Usai bercerai, Azrinaz keluar dari istana dan harus meninggalkan kedua anaknya di bawah pengasuhan ayahnya sehingga tetap mendapat gelar bangsawan. Saat itu, Pangeran Wakeel baru berusia 4 tahun.

Tak hanya Pangeran Mateen yang jadi idola. Dengan ketampanannya, Pangeran Wakeel ternyata menjadi idola anak-anak muda di Brunei Darussalam dan Malaysia. Bahkan, tak sedikit warganet yang menyamakan ketampanannya bak oppa Korea. Ia pun disebut bakal jadi idola baru di Brunei.


Belum Dikenal Luas Seperti Pangeran Mateen

Namun namanya memang relatif belum terlalu dikenal luas seperti Mateen yang sering mendampingi ayahnya dalam berbagai acara. Dengan usianya yang masih muda, masih ada banyak kesempatan bagi Wakeel untuk mendampingi ayahnya di tahun-tahun mendatang.

Pangeran Wakeel juga punya dua saudara sambung dari ibunya yang telah menikah lagi dan sudah memiliki dua orang anak. Nama Sultan Hassanal Bolkiah juga kembali jadi sorotan seiring dengan pernikahan Pangeran Abdull Mateen dengan Anisha Rosnah. Sultan Brunei ini memiliki 12 anak yang terdiri dari lima putra dan tujuh putri.

Dikutip dari Insider, Selasa, 9 Januari 2024, Sultan Brunei menikah dengan sepupunya Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha melalui perjodohan pada Juli 1965. Pesta pernikahan keduanya berlangsung di Istana Darul Hana. Saat melepas masa lajang, ia masih berusia 19 tahun.

Merangkum berbagai sumber, Sultan dikaruniai enam buah hati dari pernikahan pertamanya. Simak nama-nama anak Sultan Brunei berikut ini:

1. Pengiran Anak Puteri Hajah Rashidah Sa'adatul BolkiahLahir pada 26 Juli 1969, Putri Rashidah adalah anak pertama Sultan Brunei dengan Hajah Saleha.

2. Pengiran Anak Puteri Hajah Muta-Wakkilah Hayatul BolkiahPutri Muta-Wakkilah adalah anak kedua Sultan Brunei dengan Hajah Saleha. Ia lahir pada 12 Oktober 1971.

3. Pengiran Muda Mahkota Pengiran Muda Haji Al-Muhtadee BillahPangeran Al-Muhtadee Billah adalah anak ketiga dari pernikahan pertama Sultan. Putra Mahkota Brunei Darussalam kelahiran 17 Februari 1974 ini merupakan pewaris takhta Brunei pertama.


4. Pengiran Anak Puteri Hajah Majeedah Nuurul Bolkiah

Putri Majeedah Nuurul Bolkiah adalah anak keempat Sultan yang lahir pada 16 Maret 1976.

5. Pengiran Anak Puteri Hajah Hafizah Sururul Bolkiah

Lahir 12 Maret 1980, Putri Hafizah Sururul Bolkiah merupakan anak kelima dari pernikahan pertama Sultan.

6. Pengiran Muda Abdul Malik

Pangeran Abdul Malik adalah anak keenam Sultan yang lahir pada 30 Juni 1983.

Anak-Anak dari Pernikahan Kedua

1. Pengiran Muda Haji Abdul Azim

Pangeran Azim adalah anak pertama dari pernikahan kedua Sultan dengan Mariam Abdul Aziz. Ia lahir pada 29 Juli 1982.Ia dikenal dekat dengan beberapa pesohor Hollywood dan menggunakan pengaruhnya untuk meningkatkan kesadaran akan banyak hal, termasuk autisme. Pangeran Azim meninggal dunia pada 24 Oktober 2020 di usia 38 tahun setelah berjuang melawan sakit yang dideritanya.

2. Pengiran Anak Puteri Azemah Ni'matul Bolkiah

Putri kelahiran 26 September 1984 ini adalah anak kedua dari pernikahan kedua Sultan. Ia memiliki sederet prestasi mengesankan, termasuk gelar sarjana hukum dari University of Warwick di Inggris, pada 2008, dan gelar master di bidang Global Media and Postnational Communication dari University of London pada 2011.

Bukan hanya di bidang akademis, Putri Azemah juga merupakan pemain polo yang menonjol. Ia telah bermain bersama saudara laki-lakinya dan anggota keluarga kerajaan lain, bahkan mewakili Brunei di SEA Games.


3. Pengiran Anak Puteri Fadzillah Lubabul Bolkiah

Lahir pada 23 Agustus 1985, Putri Fadzilah merupakan anak ketiga dari pernikahan kedua Sultan. Pada 2008, di usia 22 tahun, Putri Fadzilah memperoleh gelar studi internasional dari Kingston University.

Pada 2015, sang putri memperoleh gelar master di bidang administrasi bisnis dari Hult International Business School, menurut laporan Brunei News Gazette. Ia dijuluki sebagai "putri yang sportif," aktif bermain polo dan berkuda, serta jadi kapten tim netball nasional Brunei.

4. Pengiran Muda Abdul Mateen

Pangeran Abdul Mateen senang berolahraga, terbang dengan pesawat pribadi, serta memiliki berbagai jenis hewan peliharaan eksotis.Meski demikian, saat sang pangeran diwawancara majalah Thailand, mereka menyebut Pangeran Abdul Mateen sebagai orang yang rendah hati dan tidak suka memamerkan kekayaan keluarganya.

Ia juga dikatakan sebagai sosok yang suka menghabiskan waktu bersama teman dan kerabat terdekat.Pangeran Mateen lahir pada 10 Agustus 1991. Ibunya Puan Hjh Maryam adalah istri kedua Sultan Brunei.

Anak-Anak dari Pernikahan Ketiga

1. Pengiran Muda Abdul Wakeel

Pada 1 Juni 2006, Azrinaz melahirkan Pangeran Abdul Wakeel. Kehamilannya sendiri juga dirahasiakan. Penghormatan sebanyak 21 meriam ditembakkan di sekitar Istana Nurul Iman untuk merayakan kelahiran tersebut.

2. Pengiran Anak Puteri Ameerah Wardatul Bolkiah

Putri Ameerah adalah anak kedua dari pernikahan ketiga Sultan. Ia lahir pada 28 Januari 2008.

Spekulasi Pernikahan Luna Maya

Spekulasi Pernikahan Luna Maya dan Maxime Bouttier: Restu Keluarga Sudah Diperoleh?

Liputan6.com 2024-01-18 10:30:00
Luna Maya dan Maxime Bouttier. (Foto: tiktok.com/Ailene)

Hubungan asmara antara Luna Maya dan Maxime Bouttier semakin menjadi sorotan publik. Kedekatan keduanya nyata terutama setelah kehadiran Luna Maya yang setia menemani dan membantu Maxime Bouttier selama prosesi pemakaman ibunya, Siti Purwanti, yang berpulang pada Minggu, 14 Januari 2024, lalu. Luna Maya terlihat tidak hanya sebagai kekasih, namun juga seolah menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga Maxime Bouttier.

Tidak hanya mendampingi, Luna Maya juga turut membantu dalam berbagai persiapan. Ia menunjukkan keterlibatannya dalam berbagai aspek kehidupan Maxime. Kondisi ini semakin memperkuat spekulasi bahwa hubungan keduanya kini mencapai tingkat serius. Banyak yang menggadang-gadang bahwa pernikahan bisa menjadi langkah berikutnya.

Dalam menghadapi spekulasi ini, Purwadi, kakak dari almarhumah ibunda Maxime, memberikan tanggapannya. Saat ditanya tentang restu keluarga untuk Luna Maya dan Maxime melangkah ke jenjang pernikahan, Purwadi menjelaskan bahwa semua keputusan berada di tangan Maxime. Ia menegaskan bahwa ia tidak ingin memaksakan kehendak dan segala keputusan terkait hubungan tersebut menjadi hak prerogatif dari keponakannya.

"Semua itu pilihan dari Maxime, saya tidak bisa memaksakan. Tinggal keputusan dari Maxime," ungkap Purwadi, seperti yang dikutip dalam YouTube Intens Investigasi, Rabu (17/1/2024).


Keputusan Pribadi

Purwadi menekankan bahwa keputusan Maxime mengenai hubungan dan pernikahan ini merupakan keputusan pribadi yang harus diambilnya sendiri. Ia juga menekankan bahwa segala pilihan dan keputusan tersebut murni berasal dari Maxime.

"Saya tidak ikut campur, semua itu pilihan dia," tambah Purwadi, menunjukkan sikap bijak dan memberikan ruang kepada Maxime untuk membuat keputusan terbaik bagi dirinya sendiri.

Meskipun demikian, Purwadi memberikan dukungan penuh kepada Maxime, tanpa memandang keputusan apa pun yang akan diambilnya. "Apa pun keputusan dia, saya sih mendukung saja," tegasnya.


Merawat Ibunda

Selain membahas spekulasi pernikahan, Purwadi juga membagikan informasi tentang peran Luna Maya selama merawat ibunda Maxime. Sebelum ibunda Maxime meninggal, Siti Purwanti tinggal di rumah Luna Maya. Purwadi menceritakan bahwa ibunda Maxime, saat masih dirawat di rumah sakit, terus merengek ingin pulang. Luna Maya pun dengan tulus membuka pintu rumahnya dan memberikan tempat di rumahnya untuk almarhumah.

"Beliau sangat-sangat ikhlas, dia mau dilepas semua peralatan saat dirawat di RS. Dia minta pulang terus, kami membawa almarhumah pulang," kata Purwadi.

Setelah meminta pulang, almarhumah tinggal di rumah Luna Maya selama dua hari sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di sana. Purwadi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Luna Maya atas keramahan dan kebaikan hatinya selama proses berduka ini.

"Alhamdulillah, Mbak Luna sangat baik sekali. Saya tidak bisa berkata apa-apa. Mbak Luna sangat baik bagi kami sekeluarga dan sangat-sangat ikhlas untuk melayani kami semua di rumah. Kami dilayani dengan baik oleh Mbak Luna, Mbak Luna cukup baik menerima kehadiran kami semua tanpa melihat batasan-batasan," jelas Purwadi.


Terima Kasih

Dalam kesimpulan, Purwadi mengutarakan rasa terima kasihnya dan menyampaikan keyakinannya bahwa segala kebaikan yang diberikan oleh Luna Maya akan mendapatkan balasan dari Sang Maha Pencipta. "Dan saya tidak bisa berkata banyak dengan Mbak Luna karena mungkin hanya Tuhan yang bisa membalas kebaikan Mbak Luna," tandasnya.

Dengan berbagai peristiwa dan dukungan yang terjadi, publik akan terus memantau perkembangan hubungan Luna Maya dan Maxime Bouttier, serta mungkin saja kabar pernikahan yang bisa menjadi babak baru dalam kisah cinta mereka.

Kate Middleton Operasi Perut

Kate Middleton Jalani Operasi di Bagian Perut, Istana Berharap Publik Tak Terlalu Kepo

Liputan6.com 2024-01-18 10:00:00
Princess of Wales, Kate Middleton tersenyum saat dia pergi setelah mengunjungi Evelina London di rumah sakit St Thomas di London, Selasa, 5 Desember 2023. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Kate Middleton rupanya tengah mengalami gangguan kesehatan, yang bahkan membuatnya mesti menjalani operasi. Kabar kurang mengenakkan ini disampaikan pihak Istana Kensington, lewat akun Instagram resmi pasangan ini, @ princeandprincessofwales, Rabu (17/1/2024).

"Yang Mulia Putri Wales masuk ke rumah sakit kemarin untuk menjalani operasi perut yang telah direncanakan," begitu awal pernyataan dari keduanya.

Operasinya telah berlangsung dengan sukses, tapi istri Pangeran William ini mesti dirawat dan memulihkan diri dalam waktu yang cukup panjang.

"Operasinya berjalan sukses dan ia diperkirakan akan tetap berada di rumah sakit selama10 hingga 14 hari. Berdasarkan saran dari tim medis saat ini, ia baru akan bisa menjalani tugas publik setelah Paskah," imbuh pihak Istana.

Hal lain yang diwanti-wanti pihak Istana, adalah agar publik tak terlampau kepo alias penasaran mengenai kondisi maupun masalah kesehatan ibu tiga anak tersebut.

"Sang Putri Wales menghargai bahwa pernyataan ini akan menimbulkan ketertarikan publik. Ia berharap publik memahami keinginannya untuk sebisa mungkin tetap menjalani keseharian seperti biasa untuk anak-anaknya, dan ia berharap informasi pribadi mengenai kesehatannya tetap menjadi hal privat," terangnya.

Pihak Istana Kensington juga menegaskan bahwa mereka hanya akan memberi kabar terbaru, bila ada informasi signifikan yang bisa dibagikan.


Ingin Kembali Secepat Mungkin

Dalam pengujung pernyataan, pihak Istana mengucap permintaan maaf atas perubahan yang terjadi atas situasi ini.

"Putri Wales ingin meminta maaf kepada semua pihak karena ia harus menunda sejumlah jadwalnya Ia menantikan bisa kembali dalam berbagai acara, secepat mungkin," kata dia.


Doa dari Warganet

Unggahan ini memunculkan banyak komentar bernada simpati untuk Kate Middleton.

"May God healing hands be upon our dear Princess Catherine ," tulis seorang warganet.

"Wishing the Princess of Wales a speedy recovery!" kata yang lain.

Ada pula yang mengucap doa, "Our prayers are for the Princess of Wales to heal quickly and suffer very little pain."


Ultah ke-42

Kate Middleton sendiri baru berulang tahun ke-42 pada 9 Januari lalu. Dilansir dari kanal Lifestyle Liputan6.com, ia mendapat ucapan ulang tahun dari Raja Charles dan Ratu Camilla yang dibagikan di media sosial.

"Mengucapkan selamat ulang tahun kepada Putri Wales hari ini!" begitu ucapannya.

Gelisah Mimpi Diramal Meninggal

Mpok Atiek Gelisah Mimpi Diramal Meninggal 10 Juli 2024, Teringat Ramalan Roy Kiyoshi Ada Artis Senior Wafat Tahun Ini

Liputan6.com 2024-01-18 11:00:00
Mpok Atiek berkunjung ke rumah Mpok Nori di kawasan Bambu Apus, Jakarta Timur, Jumat (3/4/2015). Sejumlah artis mendatangi rumah Mpok Nori setelah mendengar meninggalnya komedian senior ter

Mpok Atiek belum lama ini berbincang dengan Melaney Ricardo. Selebriti berusia 68 tahun ini membeberkan satu kejadian yang langka dan sulit dipercaya. Mpok Atiek mengaku pernah mimpi diramal oleh orang mirip adiknya yang menyebut tanggal kematiannya.

Selama perbincangan tersebut, Mpok Atiek bercerita bahwa sang adik yang merupakan seorang kiai, sepanjang hidupnya belum pernah muncul di dalam mimpi sama sekali. Mpok Atiek menyebut sekali muncul di mimpi, sosok mirip adiknya itu memintanya untuk bertaubat.

Gara-gara memimpikan orang mirip adiknya itu, Mpok Atiek mengaku kepada Melaney Ricardo bahwa dirinya sempat gelisah. Ditambah lagi, Mpok Atiek menyebut mimpi itu sedikit banyak punya kemiripan dengan penerawangan Roy Kiyoshi yang sempat ia tonton.

Mpok Atiek diketahui kini tengah mengidap polip di usus. Dirinya sempat cemas lantaran sang ibunda meninggal dunia karena terserang kanker. Hal itu membuat Mpok Atiek lebih ikhtiar dalam menjalani perawatan untuk kesembuhannya.


Pernyataan Mpok Atiek Soal Memimpikan Adiknya

Dalam pernyataannya, Mpok Atiek menyebut bahwa sosok mirip sang adik muncul dalam mimpinya pada akhir tahun lalu. Sembari bercerita, Mpok Atiek pun tak dapat menahan air mata yang keluar lantaran ia masih ingat tanggal yang disebutkan di dalam mimpi.

"Emak dimimpiin sama adik yang masih ada. Dia itu kiai. Seumur hidup emak, 68, belum pernah emak mimpiin dia. Tiba-tiba Desember kemarin emak dimimpiin dia," ujar Mpok Atiek bercerita, mengutip kanal YouTube Melaney Ricardo.

"Dalam mimpinya dia bilang 'Ceu, eceu harus tobat. Banyakin dzikir, ibadah sebanyak-banyaknya. Karena eceu mau dipanggil Tuhan'," ucap Mpok Atiek, melansir kanal YouTube Melaney Ricardo.

"Tanggal 10 bulan 7 tahun 2024. Itu adik emak kyai," tambahnya.


Penerawangan Roy Kiyoshi yang Bikin Cemas Mpok Atiek

Mpok Atiek pun mengaku kecemasannya makin kuat lantaran dirinya membuka unggahan di media sosial yang memperlihatkan Roy Kiyoshi sedang meramal seputar tahun 2024. Salah satu penerawangannya adalah perihal ada artis senior yang meninggal dunia karena kanker.

"Terus, Januari kemarin ini emak buka-buka TikTok Roy Kiyoshi, yang suka ngeramal itu. Ngeramal apa yang terjadi di 2024," ujar Mpok Atiek sambil menahan tangisannya.

"Dari sekian banyak ramalan, salah satunya ada dia sebut, tahun 2024 ada artis senior yang meninggal. Dan dia kena kanker, katanya gitu. Jadi emak kepikiran," terang Mpok Atiek berurai air mata.


Mpok Atiek Cemaskan Penyakitnya

Mpok Atiek sebelumnya pernah menjelaskan bahwa dokter yang memeriksanya menyebut ia mengidap polip di usus yang telah membesar dan mengakar.

Dari situlah ia mulai ikhtiar dengan cara melakukan serangkaian cek laboratorium dalam rangka memastikan apakah di ususnya ada jaringan kanker ganas atau tidak.

Penasaran Ide Siapa Pajak Hiburan Naik 40%

Inul Daratista Penasaran Pajak Hiburan Naik 40 Persen Ide Siapa, Kenapa Cuma Sandiaga Uno yang Muncul

Liputan6.com 2024-01-18 08:40:55
Pedangdut Inul Daratista kini penasaran siapa sebenarnya yang bikin ide pajak hiburan naik 40 hingga 75 persen. Mengapa hanya Sandiaga Uno yang merespons? (Foto: Dok. Instagram @inul.d)

Merespons pajak hiburan meroket di kisaran 40 sampai 75 persen, Inul Daratista mengaku penasaran siapa oknum yang kali pertama mencetus ide kenaikan ini dan mengapa hanya Sandiaga Uno yang menanggapi keluh kesah pengusaha?

Seperti diketahui, para pengusaha rumah karaoke menjerit mendengar pajak hiburan naik minimal 40 persen. Pemerintah seolah diam saja mendapati para pengusaha protes akibat pajak hiburan mengangkasa.

Inul Daratista lantang menyuarakan kekesalan di medsos hingga jadi bintang tamu program Hotroom yang dipandu Hotman Paris. Sang Ratu Ngebor menjadi satu-satunya narasumber perempuan.

"Kata yang paling pas untuk orang yang berani menyuarakan keadilan, luar biasa! Tapi saya wanita sendiri saat ini lantang berteriak demi nasib mata rantai banyak orang dalam usaha saya, selain teman2 yang lain," tulis Inul Daratista.


Pada Nyungsep ke Mana?

Lewat akun Instagram terverifikasi, Rabu (17/1/2024), pelantun "Kocok-Kocok" menuding pembuat kebijakan pajak hiburan naik minimal 40 persen hingga kini tak menunjukkan batang hidungnya untuk memberi penjelasan kepada publik.

"Saya heran ketika rame begini dari kemaren2 tak satupun dari yang bikin aturan pajak, yang bikin ide sampai yang meluncurkan aturan hingga ketok palu nongolin batang hidungnya?! Pada nyungsep ke mana?" ujar Inul Daratista.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tiba-tiba Eksekusi

Bintang sinetron Kenapa Harus Inul? melontarkan ini bukan tanpa alasan. Inul Daratista heran karena selama ini hanya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, yang menanggapi protesnya.

"Dari kemaren pak sandi saja next time kalau mau bikin aturan jangan ngawur! Keluarin aturan juga ajak calon obyek sasarannya, siapa saja, ajak duduk bersama dan dengarkan dulu satu2 dari kita. Jangan ujuk2 keluarin, tiba2 eksekusi, dipaksa harus patuhi aturan," imbuhnya.


Sak Karepmu Wis!

Sebelumnya, Inul Daratista meluapkan kekesalan setelah mendengar kabar pajak hiburan untuk Jakarta ditetapkan sebesar 40 persen. Ia mengaku tak akan peduli lagi jika bisnis rumah karaokenya tutup gara-gara pajak ketinggian.

"SAK KAREPMU wis (terserah lo deh -red)! Paling juga tak tutup pelan-pelan, buyar! Repot amat, enak wis enggak mikirin pegawai, enggak perlu bayar juga kan," oceh Inul Daratista, masih di akun Instagram terverifikasi, kemarin.

Ikhlas soal Hak Asuh Anak

Yama Carlos Menerima dan Ikhlas dengan Putusan Hak Asuh Anak yang Dimenangkan Mantan Istri

Liputan6.com 2024-01-18 12:30:00
Yama Carlos. (Foto: Dok. Instagram @yamacarlos7)

Aktor Yama Carlos menghadapi momen emosional setelah Pengadilan Tinggi Banten memberikan putusan terkait hak asuh anaknya dalam proses perceraian dengan mantan istrinya, Arfita Dwi Putri. Meskipun sebelumnya hak asuh anak diberikan kepada Yama Carlos oleh Pengadilan Negeri Tangerang, namun Arfita Dwi Putri tidak menerima putusan tersebut dan memutuskan untuk mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Banten.

Pada putusan banding, majelis hakim Pengadilan Tinggi Tangerang memutuskan memberikan hak asuh anak kepada Arfita Dwi Putri. Keputusan ini membuat Yama Carlos meredam emosinya, terutama setelah mendapatkan masukan dan dukungan dari Carina Ivola, kekasih barunya.

"Saya ikhlas dan menerima putusan banding karena Carina Ivola," ungkap Yama Carlos di Bioskop XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Selasa (16/1/2024).

Kepada media, Yama Carlos mengungkapkan bahwa dukungan dan pandangan positif dari Carina Ivola telah membantu dirinya menerima kenyataan yang cukup sulit ini.


Berdamai dengan Situasi

Dalam proses perceraian ini, Yama Carlos menunjukkan kesiapannya untuk berdamai dengan situasi, terutama setelah mendengar nasihat dan dukungan dari Carina Ivola. Meskipun kehilangan hak asuh anaknya, Yama Carlos menyatakan bahwa keikhlasan dalam menerima putusan tersebut membawa rasa bahagia.

"Kalau ikhlas, pasti rasanya bahagia," kata Yama Carlos, menegaskan bahwa kebahagiaan yang sejati datang dari sikap ikhlas dan penerimaan terhadap situasi yang tidak selalu sesuai harapan.


Perceraian

Pernikahan Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri berakhir dengan perceraian, dan permasalahan terkait hak asuh anak menjadi bagian dari proses yang penuh tantangan. Meskipun tidak mudah, Yama Carlos menunjukkan kedewasaannya dalam menghadapi keadaan dan menyatakan bahwa saat ini dia belum memiliki rencana untuk mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung terkait putusan hak asuh anak.

"Sedang diobrolkan dengan lawyer," ucap Yama Carlos, menunjukkan bahwa dia tengah berdiskusi dengan tim hukumnya terkait langkah selanjutnya.


Peran Penting

Yama Carlos juga mengungkapkan bahwa dukungan Carina Ivola, kekasih barunya, memiliki peran penting dalam membantunya melewati masa-masa sulit ini. "Selama ini saya terus mempertahankan darah daging saya. Setelah bertemu Carina, dia meminta saya untuk mengikhlaskan saja dulu putusan ini meski awalnya sangat berat," tambahnya.

Dengan adanya dukungan positif dari Carina Ivola, Yama Carlos berharap dapat menemukan kedamaian dan kelangsungan hidup yang lebih baik ke depannya.

Ditahan Bea Cukai Jerman

Drama Arnold Schwarzenegger Ditahan Bea Cukai Jerman karena Tak Lapor Bawa Jam Tangan Mewah

Liputan6.com 2024-01-18 09:30:08
Arnold Schwarzenegger. (dok. Instagram @schwarzenegger/https://www.instagram.com/p/C1pKkNQLRAC/?hl=en/Dinny Mutiah)

Arnold Schwarzenegger ditahan pihak bea cukai Jerman sesaat ia tiba di Bandara Munich. Pasalnya, ia tak melapor membawa sebuah jam tangan mewah.

"Dia tidak mendeklarasikan sebuah produk. Produk yang diimpor dari negara-negara non-Uni Eropa diperintahkan tetap berada di Uni Eropa. Dan proses ini berlaku untuk semua orang," kata pejabat media Bea Cukai Munich Thomas Meister, Rabu, 17 Januari 2024, dikutip dari CNN, Kamis (18/1/2024).

Meister mengatakan bahwa bintang film Terminator dan mantan Gubernur California itu akhirnya dilepaskan dan bebas bepergian setelah ditahan selama lebih dari dua jam. "Arnold ditahan sekitar tiga jam di Bandara Munich karena bepergian dengan jam tangan yang dia punya, yang mungkin akan dia lelang di acara lelang amalnya di Kitzbuhel (Austria) besok," kata sumber kepada CNN.

Sumber itu menjelaskan bahwa produk yang dipermasalahkan bea cukai Jerman adalah jangan tangan keluaran brand asal Swiss, Audemars Piguet. Dia juga menyatakan bahwa Schwarzenegger tidak pernah diminta mengisi formulir deklarasi kepabeanan dan dia menjawab 'semua pertanyaan dari petugas bea cukai dengan jujur'.

"Dia bekerja sama di setiap langkah meski itu adalah penggeledahan yang tidak kompeten, sebuah komedi salah kaprahl yang akan membuat 'film' polisi menjadi sangat lucu," sumber itu menambahkan. Schwarzenegger disebut juga setuju untuk membayar pajak yang mungkin timbul dari membawa jam tangan tersebut.


Drama Bayar Pajak Arnold

Arnold kemudian menyodorkan kartu kreditnya untuk membayar pajaknya. Namun, petugas gagal menggunakan mesin kartu kredit selama satu jam sampai mereka menyerah.

Mereka lalu membawa Arnold ke bank dan memintanya menarik uang tunai dari ATM untuk membayar, menurut sumber tersebut. ATM yang mereka bawa memiliki batas yang terlalu rendah dan bank tutup. Sumber itu mengatakan ketika dia kembali, seorang petugas baru membawa mesin kartu kredit baru yang berfungsi.

Jika Jerman memberlakukan aturan kepabeanan demikian, bagaimana dengan di Indonesia? Mengutip laman bclampung.beacukai.go.id, setiap barang yang dibawa penumpang masuk ke Indonesia, termasuk barang-barang keperluan pribadi dan sisa perbekalan, dianggap sebagai barang impor bawaan penumpang.

Sesuai ketentuan PMK Nomor 203/PMK.04/2017, jumlah maksimal nilai barang bawaan penumpang yang diberikan pembebasan Bea Masuk adalah sebesar USD 500. Jika lebih dari USD 500, terhadap nilai kelebihannya akan dikenakan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor dengan ketentuan tarif:

tarif Bea Masuk sebesar 10%

tarif PPN sebesar 11%

tarif PPh sebesar 7,5% (dengan NPWP) atau 15% (jika tidak memiliki NPWP)


Cara Investasi Jam Tangan Mewah

Jam tangan mewah ternyata tidak sekadar pamer gengsi, lebih dari itu bisa jadi investasi di masa depan. Hal itu diungkap Umi, salah seorang staf tenant Mabes Luxury Watch, di sela pameran Jakarta Watch Exchange (JWX), pekan lalu.

Tenant yang fokus dalam bisnis jual beli jam tangan mewah bekas itu menjajakan sejumlah koleksinya yang berusia puluhan tahun. Salah satunya jam tangan Rolex dengan tali jam berbahan emas. Jam tangan wanita mekanis yang dirilis pada 1970an itu ditawarkannya di harga Rp96 juta.

"Itu emasnya kalau dilebur, bisa sampai satu gram," kata Umi, ditemui di PIK Avenue, Jakarta, Kamis, 9 November 2023.

"Ini full set," ujarnya seraya menjelaskan istilah itu dimaksudkan untuk produk yang masih menyimpan kotak asli berserta surat-suratnya.

Kelengkapan aksesori dan dokumen itu juga turut menentukan harga jual jam tangan mewah bekas. "Bedanya bisa Rp10 juta," katanya.


Jangan Buru-Buru Dijual

Pihaknya menjanjikan bisa menerima kembali jam yang sudah dibeli dengan syarat ada potongan harga sebesar 25 persen dari harga taksiran. Mengingat potongannya cukup besar, ia tak menyarankan pembeli untuk buru-buru menjual koleksi jam tangan mewahnya jika ingin diinvestasikan.

"Minimal (disimpan) dua tahun. Kalau dua tahun, Rolex menjanjikan, terutama Rolex all gold full set. (Fluktuasi) harganya ikutin dolar," imbuhnya. Ia juga merekomendasikan para pemula yang hendak berinvestasi di jam tangan mewah agar membeli barang bekas, alih-alih barang baru, karena secara nominal, lebih terjangkau.

Di sisi lain, Umi meminta konsumen untuk teliti saat membeli jam tangan mewah bekas. Salah satu tips yang dibagikannya adalah membandingkan nomor seri jam tangan yang tertera di kotak dan di badan jam. Bagi yang sudah terbiasa, mereka bahkan bisa langsung mengenali keasliannya dari penampakannya saja.

Anton, cofounder JWX, mengungkapkan bahwa investasi di jam tangan mewah cukup menjanjikan di Indonesia. Pasalnya, kolektornya cukup banyak dengan klasifikasi yang ia sebut sudah ekstrem.

"Kadang orang beli jam enggak hanya cukup punya satu. Katakan sudah punya yang ratusan juta, dia cenderung akan tukar atau tambah koleksi yang lebih mahal," ujarnya.

Yakin Gugatan Cerai Dikabulkan

Kuasa Hukum Yakin Gugatan Cerai Irish Bella terhadap Ammar Zoni Akan Dikabulkan

Liputan6.com 2024-01-18 17:00:00
Irish Bella menemani sang suami Ammar Zoni yang kembali bekerja setelah tujuh bulan mendekam di penjara akibat penyalahgunaan narkoba. Momen tersebut kabar yang beredar belakangan ini. Ber

Sidang cerai pasangan selebriti Ammar Zoni dan Irish Bella akan segera memasuki tahap penentuan putusan. Hal ini diungkapkan oleh Nurul Amalia, pengacara Irish Bella, setelah menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Agama Depok.

Nurul mengatakan bahwa sidang putusan akan digelar pada 1 Februari 2024 mendatang.

"Putusannya sudah ditentukan juga nanti tanggal 1 Februari. Sudah ada ketentuannya, kesimpulan tanggal 25 Januari dan putusan tanggal 1 Februari," kata Nurul saat ditemui usai sidang di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat, Kamis (18/1/2024).

Sidang selanjutnya akan mencakup pembacaan kesimpulan dari kedua belah pihak.


Yakin

Nurul Amalia juga menyatakan keyakinannya bahwa gugatan cerai kliennya akan dikabulkan oleh Pengadilan Agama Depok.

"Ya mudah-mudahan ya, insha Allah. Kita sih effort-nya udah luar biasa ya untuk membuktikan dalil-dalil termasuk pembuktian kita sudah maksimal," ujar Nurul.


Sudah Cukup

Selama persidangan, Irish Bella sebagai penggugat telah membawa tiga orang saksi sebagai bukti pendukung gugatannya. Menurut Nurul, bukti tersebut sudah cukup untuk membuktikan dalil-dalil yang diajukan.

"Kami sudah membuktikan dalil-dalil dengan bukti surat dan saksi, tetapi memang tergugat hanya menyampaikan bukti surat saja, jadi tidak ada saksi untuk melakukan bantahan dalilnya," tambahnya.


Legowo

Adapun dari pihak Ammar Zoni, Jon Mathias selaku kuasa hukum mengatakan bahwa Ammar Zoni telah siap dengan apapun hasil putusan sidang nantinya.

"Iya legowo, kan sebenarnya kalau hukum mau tidak mau menerima keputusan itu. Kalau tidak terima, ada upaya hukum lain yang bisa diatur dalam UU beracara. Contoh kalau keputusan tidak dia terima ya bisa banding," katanya.

Ada Kans Perdamaian di Timur Tengah?

HEADLINE: Perang Israel Vs Hamas Tembus 100 Hari, Ada Kans Perdamaian di Timur Tengah?

Liputan6.com 2024-01-19 00:03:05
Pasukan keamanan Israel memeriksa kendaraan yang hangus terbakar dalam serangan 7 Oktober oleh militan Hamas di luar kota Netivot, Israel selatan, Rabu, 1 November 2023. (AP Photo/Ariel Schal

Perang Hamas Vs Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah memasuki hari ke-105 pada Jumat (19/1/2024). Dilansir Al Jazeera yang mengutip dari otoritas kesehatan setempat, setidaknya 24.448 warga Palestina di Jalur Gaza tewas dan 61.504 lainnya terluka.

Angka kematian didominasi oleh anak-anak dan perempuan dan boleh jadi jumlahnya jauh melampaui yang tercatat mengingat masih banyak yang berstatus hilang.

"Skala dan kekejaman yang dilakukan Israel terhadap Jalur Gaza benar-benar mengejutkan. Selama 100 hari masyarakat Gaza mengalami penderitaan luar biasa. Tidak ada tempat yang aman dan seluruh penduduk berisiko mengalami kelaparan," ujar Direktur Timur Tengah Oxfam Sally Abi Khalil, seperti dikutip dari situs web organisasi nirlaba tersebut.

"Tidak dapat dibayangkan bahwa komunitas internasional menyaksikan tingkat konflik paling mematikan di Abad ke-21."

Perang Hamas Vs Israel juga dilabeli sebagai yang paling mematikan bagi jurnalis.

"Perang di Gaza adalah situasi paling berbahaya bagi jurnalis yang pernah kita saksikan dan angka-angkanya menunjukkan hal itu dengan jelas," tutur koordinator program Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) di Timur Tengah dan Afrika Utara Sherif Mansour, seperti laporan Reuters pada 22 Desember 2023.

Tentara Israel telah membunuh lebih banyak jurnalis dalam 10 pekan dibanding tentara atau entitas lain dalam satu tahun. "Dan dengan setiap jurnalis yang tewas, perang ini menjadi lebih sulit untuk didokumentasikan dan dipahami."

CPJ dalam pernyataannya pada Rabu (17/1), mencatat kematian 83 jurnalis dan pekerja media akibat Perang Hamas Vs Israel, dengan rincian 76 orang jurnalis Palestina, empat warga Israel, dan tiga warga Lebanon. Selain itu, 16 jurnalis dilaporkan terluka, tiga hilang, dan 25 lainnya ditangkap.

Setelah melakukan perjalanan keempatnya ke Jalur Gaza sejak perang meletus, kepala Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) menuturkan bahwa wilayah kantong itu telah semakin putus asa. Dia kembali menyerukan gencatan senjata segera.

"Setiap orang yang saya temui memiliki kisah pribadi tentang ketakutan, kematian, kehilangan, dan trauma, untuk dibagikan," ungkap kepala UNRWA Philippe Lazzarini.

"Masyarakat Gaza telah beralih dari keterkejutan karena kehilangan segalanya, bahkan seluruh anggota keluarga mereka - ke perjuangan untuk tetap hidup dan melindungi orang-orang yang mereka cintai.

Lazzarini menekankan, "Tidak ada pemenang dalam perang ini. Yang ada hanya kekacauan tak berkesudahan dan keputusasaan yang semakin besar. Saya sekali lagi menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera."

Sementara itu, laporan TV Israel Channel 12 menyebutkan Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu mengatakan kepada para ketua dewan lokal dari komunitas di dekat Gaza pada Selasa (16/1), dia mengantisipasi perang melawan Hamas akan berlanjut hingga tahun 2025.

Netanyahu pada Sabtu (13/1) dengan percaya diri juga mengatakan bahwa Israel akan melanjutkan perang melawan Hamas sampai menang dan itu tidak akan dapat dihentikan oleh siapa pun, termasuk Mahkamah Internasional (ICJ).

"Kita tentu bisa melihat bahwa bagi Netanyahu adalah tidak ada cara lain untuk keluar dari peperangan ini selain obsesinya untuk memenangkan perang. Tapi kan realitasnya hingga 100 hari ini tanda-tanda kemenangan Israel juga belum tampak dan potensi untuk mendapatkan kemenangan strategis juga diragukan, sementara katakan lagi ini sudah berjalan sedemikian rupa, korban sudah sangat banyak," tutur pengamat urusan Timur Tengah dari Universitas Indonesia Yon Machmudi, kepada Liputan6.com, Kamis (18/1).

"Maka dengan itu, saya kira Netanyahu memang membutuhkan way out, cara keluar dari peperangan ini secara terhormat, dia tidak mau kehilangan muka dan biaya sudah terlalu besar. Korban di pihak Israel juga cukup besar."

Yon menuturkan bahwa salah satu cara menciptakan perdamaian adalah melalui mediasi.

"Dalam hal ini, saya kira Qatar menjadi negara yang punya peluang besar untuk dapat memberikan solusi atas peperangan," beber Yon.

"Negosiasi antara Israel dan Hamas yang dimediasi oleh Qatar bisa membuahkan salah satu pertukaran tahanan dan juga dilakukan ceasefire (gencatan senjata). Nah, ini saya kira yang bisa dilakukan karena tidak mungkin untuk melanjutkan perang dalam waktu yang lama sementara dukungan internasional juga semakin berkurang."


Mendorong Andil Negara-negara Berpengaruh

Nama Qatar memang tidak asing sebagai mediator konflik Hamas Vs Israel. Amerika Serikat (AS) tentu saja memainkan peran, begitu pula Mesir. Namun, Qatar adalah penengah utama.

Jauh sebelum perang terbaru Hamas Vs Israel pecah, negara Teluk yang kecil namun kaya ini telah memiliki reputasi sebagai mediator, terutama dalam negosiasi penyanderaan. Citra tersebut dinilai sengaja dibangun Qatar, yang mengelola hubungan pragmatis dengan para pemain utama di kawasan - menjadi semacam perantara antara pihak-pihak yang tidak akur.

Qatar tidak hanya signifikan karena salah satunya menjadi tuan rumah pangkalan militer AS yang penting untuk operasi di Suriah dan Irak, namun negara ini pula memiliki hubungan baik dengan kelompok-kelompok Islam, termasuk Hamas yang cabang politiknya memiliki kantor di Doha.

Fakta tersebut jelas memberikan Qatar pengaruh dan yang terpenting: akses. AS dan Israel tidak bernegosiasi langsung dengan Hamas maka Qatar adalah perantara yang sangat diperlukan. Melansir VOX, Qatar juga memainkan peran perantara antara AS dan Taliban sebelum keduanya merundingkan perjanjian damai secara langsung di Doha.

Hubungan terbuka Qatar dengan Taliban disebut telah membantu memfasilitasi evakuasi dari Afghanistan pasca jatuhnya Kabul pada tahun 2021, dan bahkan setelahnya.

Ketika ditanya peluang negara lain menjadi mediator perdamaian seperti China atau bahkan Indonesia, Yon mencatat sejumlah hal.

"China harusnya lebih agresif ya di dalam hal menawarkan alternatif solusinya guna memediasi konflik antara Israel dan Palestina yang sudah cukup panjang karena tentu tidak mungkin menyerahkan urusan ini kepada AS. AS kan tidak lagi menunjukkan sikap yang objektif, tetapi justru berpihak dan mendukung Israel," beber Yon.

Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi beberapa hari lalu menyerukan konferensi perdamaian yang lebih besar terkait konflik Israel-Palestina.

"China mendesak diadakannya konferensi perdamaian internasional berskala lebih besar, lebih otoritatif dan lebih efektif; perumusan jadwal dan peta jalan yang spesifik untuk penerapan solusi dua negara; dan dukungan untuk segera dimulainya kembali perundingan perdamaian Israel-Palestina," ungkap Wang Yi seperti dikutip dari Reuters.

Dalam kesempatan berbeda, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan, peta jalan yang dimaksud harus mengikat.

Melalui pernyataan bersama dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab pada Minggu (14/1) mengenai konflik di Jalur Gaza, Menlu Wang Yi menggarisbawahi, "Negara-negara berpengaruh, khususnya, perlu memainkan peran objektif, tidak memihak dan konstruktif dalam hal ini."

Terkait peran Indonesia, Yon menuturkan Indonesia harus tetap melakukan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan dukungan terhadap Palestina.

"Karena itu adalah kapasitas Indonesia untuk menjaga moral internasional berkaitan dengan kekejian, tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza yang dilakukan oleh Israel. Ada perbedaan pandangan antara negara-negara yang terlibat dengan pendudukan penjajahan dengan negara-negara yang menjadi korban penjajahan yang biasanya mereka anti terhadap pendudukan Israel, sementara negara-negara Eropa cenderung memberikan semacam legitimasi terhadap aksi self-defense yang dilakukan Israel yang ujungnya adalah justru melakukan pemusnahan secara massal," ungkap Yon.

"Nah ini saya kira yang harus diperhatikan betul-betul tentang peran Indonesia agar kemudian bisa menjadi standar moral pertama, kemudian yang kedua, negosiasi pembicaraan dengan negara-negara yang memiliki potensi kuat dalam menyelesaikan ini, dalam hal ini adalah Qatar, tentu harus lebih diperkuat agar mediasi itu bisa dilakukan dan tentu juga bisa menghentikan peperangan."


Normalisasi Hubungan Israel dan Arab Saudi Jadi Elemen Kunci?

Berbicara di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, pada Kamis, Presiden Israel Isaac Herzog mengklaim bahwa normalisasi hubungan antara Israel dan Arab Saudi adalah elemen kunci untuk mengakhiri perang dengan Hamas dan membawa perubahan bagi seluruh Timur Tengah.

"Kondisinya masih sulit, rapuh, dan memakan waktu lama, namun menurut saya ini adalah peluang bagi dunia untuk bergerak maju dan menuju masa depan kawasan yang lebih baik lagi," ujar Herzog, seperti dilansir AP.

Pernyataan Herzog muncul setelah Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dalam forum yang sama menyatakan pihaknya setuju bahwa perdamaian regional termasuk perdamaian bagi Israel.

"Tetapi hal itu hanya bisa terjadi melalui perdamaian bagi Palestina, melalui (berdirinya) negara Palestina," kata Pangeran Faisal bin Farhan.

Hal senada disampaikan pula oleh Menlu AS Antony Blinken yang menyatakan bahwa berdirinya negara Palestina dapat membantu meningkatkan keamanan Israel dan hubungannya dengan negara-negara lain di kawasan.


Solusi Dua Negara dan Pertanyaan dari Israel

PM Netanyahu dan koalisi pemerintahan sayap kanannya tegas menentang konsep solusi dua negara sebagai penyelesaian konflik Israel-Palestina. Herzog, yang peran seremonialnya dimaksudkan sebagai pemersatu nasional, juga mengaku dukungan publik terhadap solusi dua negara rendah karena warga Israel yang trauma setelah serangan Hamas pada 7 Oktober fokus pada keselamatan mereka sendiri.

"Ketika sebuah negara maju dan menyebutkan solusi dua negara, pertama-tama mereka harus menjawab pertanyaan awal, yang merupakan pertanyaan inti bagi manusia: Apakah kami benar-benar mendapatkan keamanan?" kata Herzog.

"Warga Israel kehilangan kepercayaan terhadap proses perdamaian karena mereka melihat bahwa teror diagung-agungkan oleh negara-negara tetangga kami."

Solusi dua negara yang telah lama mandek akan membuat Israel dan Palestina saling mengakui kemerdekaan masing-masing dan hidup berdampingan sebagai dua negara yang independen.