Volume 136

Torang Hebat!

Tutup Peparnas XVI Papua, Jokowi: Selamat Kepada Para Atlet

Liputan6.com 2021-11-13 19:40:41
Jokowi saat menutup Peparnas XVI Papua di Stadion Mandala Kota Jayapura, Sabtu (13/11/2021). (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Kabinet)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua. Dalam acara penutupan, Jokowi mengatakan bahwa kesulitan bukanlah halangan untuk meraih prestasi.

Para penyandang disabilitas lewat kerja keras dan konsistensi bisa meraih prestasi dalam Peparnas yang digelar di Papua ini.

"Dengan konsistensi dan kerja keras segala kesulitan bisa kita atasi, bahkan berbagai prestasi bisa kita raih," jelas Jokowi saat menutup Peparnas XVI Papua di Stadion Mandala Kota Jayapura, Sabtu (13/11/2021).

"Selamat kepada para atlet yang telah menunjukkan kemampuannya."

Di kesempatan itu, Jokowi juga mengatakan bahwa PON XX dan Peparnas XVI di Papua bukanlah perhelatan olahraga semata. Melalui acara berskala nasional ini, kata dia, masyarakat Indonesia merayakan keberagaman dan menghormati kesetaraan.

PICTURE FIRST: Torang Hebat!


Selamat Papua!

Ia juga memuji Papua dalam penyelenggaraan PON dan Peparnas 2021. Termasuk mengucapkan selamat ke Papua yang berhasil menjadi juara umum di Peparnas XVI dengan mengantongi 295 medali.

"Selamat kepada para atlet, utamanya lagi atlet Papua yang telah menunjukkan kemampuannya," tutur Jokowi.

Pada 2024, gelaran PON dan Peparnas bakal dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara.

Petir Sebelum Kilang Terbakar

Saksi Mata: Ada Petir Sebelum Kilang Minyak Pertamina Cilacap Terbakar

Liputan6.com 2021-11-13 20:47:42
Tangki 36T 102 di kilang Pertamina Cilacap terbakar, diduga tersambar petir. (Foto: Tangkapan layar video/Istimewa)

Kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Cilacap. Diperkirakan kejadian sekitar pukul 19.30 WIB dan penyebab kebakaran belum diketahui.

Namun, seorang saksi mata bernama Eko Gumilar mengatakan, dirinya melihat petir sebelum kilang pertamina Cilacap pertamina terbakar.

"Petir pertama menyambar, terdengar ledakan. Lalu saya keluar dan melihat kebakaran," kata Eko seperti dikutip dari MetroTV, Sabtu (13/11/2021).

Eko mengatakan, saat kebakaran hujan mengguyur wilayah kilang minyak pertamina tersebut.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, hanya satu kilang minyak yang terbakar.

Saat ini tim pemadam kebakaran Kilang Pertamina Cilacap tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman di area tanki yang mengalami kebakaran

"Paralel Pertamina saat ini juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman," jelasnya.

"Kami akan segera update progres upaya pemadaman yang berlangsung," tutup dia.

Ganja Medis Legal di Malaysia

Malaysia Izinkan Penggunaan Ganja untuk Medis

Liputan6.com 2021-11-14 08:10:27
Ilustrasi ganja (Foto oleh Aphiwat chuangchoem dari Pexels)

Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin mengatakan bahwa impor dan penggunaan produk yang mengandung ganja untuk tujuan medis diperbolehkan di Malaysia asalkan mematuhi hukum.

Menurutnya, Undang-Undang Narkoba Berbahaya 1952, Undang-Undang Racun 1952, dan Undang-Undang Penjualan Narkoba 1952 tidak melarang penggunaan produk yang mengandung ganja untuk tujuan pengobatan.

Setiap produk yang mengandung ganja harus didaftarkan ke Drug Control Authority (DCA) seperti yang ditentukan oleh Control of Drugs and Cosmetics Regulation 1984.

"Importir juga harus memiliki lisensi dan izin impor di bawah Peraturan Pengawasan Obat dan Kosmetika, Undang-Undang Racun, serta Undang-Undang Narkoba Berbahaya," kata Khairy mengutip channelnewsasia.com.

"Penjualan atau pengadaan eceran untuk perawatan medis pasien tertentu harus dilakukan oleh seorang praktisi medis yang terdaftar di bawah Medical Act 1971 atau apoteker terdaftar dengan lisensi Tipe A untuk individu tertentu berdasarkan resep yang dikeluarkan oleh praktisi medis terdaftar," tambahnya.


Perlu Bukti Ilmiah

Ia menambahkan, setiap pihak perlu memiliki bukti ilmiah yang cukup untuk menggunakan ganja dengan tujuan berbagai pengobatan. Bukti ini bisa didapat dengan mendaftarkan produk ke DCA untuk evaluasi di bawah Peraturan Pengawasan Obat dan Kosmetik 1984.

Selain itu, ganja juga diatur di bawah Konvensi Tunggal Narkotika tahun 1961 dan terdaftar di bawah Jadwal I konvensi.

Konvensi ini berusaha membatasi kepemilikan, penggunaan, perdagangan, distribusi, impor, ekspor, pembuatan dan produksi obat-obatan secara eksklusif untuk tujuan medis dan ilmiah.


Keputusan Berdasarkan Data dan Sains

Keterangan terkait penggunaan ganja untuk kepentingan medis ini adalah jawaban dari pertanyaan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq.

Melalui Twitter, Syed mengatakan bahwa dia "sangat terkesan" dengan jawaban yang diberikan oleh Khairy dan timnya di kementerian.

"Proses pengambilan keputusan yang didorong oleh data dan sains," katanya.

Sebelumnya, Syed memimpin kaukus parlemen bipartisan yang mempelajari penggunaan medis ganja dan tanaman ketum lokal.

Kaukus itu mengkaji perumusan kebijakan dan strategi untuk mempelajari regulasi penggunaan ketum dan ganja medis untuk mengurangi bahaya.

Kelompok itu mengatakan pekerjaan mereka sejalan dengan upaya untuk memperluas industri ganja medis dan ketum di Malaysia, yang menurut mereka dapat bermanfaat bagi industri perawatan kesehatan negara itu serta penduduk setempat.

Pada Oktober, Menteri Dalam Negeri Malaysia Hamzah Zainudin mengatakan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan untuk melegalkan penggunaan ganja medis. Saat ini, ganja terdaftar sebagai obat yang dikendalikan di bawah Undang-Undang Narkoba Berbahaya.


Infografis: Deretan Negara yang Legalkan Ganja Sebagai Obat Medis

 

Duet Raisa dan Artis Korea

Raisa dan Penyanyi OST Drama Korea Sam Kim Berduet, Hasilnya Single Someday

Liputan6.com 2021-11-14 14:00:00
Raisa dan Sam Kim kolaborasi untuk lagu Someday. (Foto: Istimewa / Irfan Hartanto & XIN SEOUL)

Raisa merilis single "Someday" pada Jumat (12/11/2021) kemarin yang menjadi rangkaian single menuju album keempatnya, It's Personal. Menariknya, di lagu ini Raisa berduet dengan musikus asal Korea Selatan, Sam Kim, serta musikus dan penata musik Jukjae.

Kolaborasi Raisa kali ini sangat menarik lantaran Sam Kim dikenal sebagai musikus muda yang lagunya sering digunakan untuk Korean Drama (K-Drama) alias Drakor yang sedang hit. Misalnya saja lagu "Who Are You" untuk serial Guardian: The Lonely and Great God dan "Love Me Like That" untuk serial Nevertheless.

Awal mulanya Raisa sangat ingin memiliki kolaborator lintas negara Asia. Dimulai dari Instagram, Raisa dan Sam Kim kemudian saling bertukar referensi musik. Hingga akhirnya, keduanya mantap untuk melakukan workshop daring. Sampati tiba waktunya sebuah lagu dikerjakan pada awal 2021.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hasil yang Memuaskan

Lantaran terpisah jarak antara Jakarta dan Seoul serta kondisi pandemi dan kesibukan masing-masing, proses penggarapan baru dilakukan secara intens pada pertengahan tahun ini.

"Saya dan Raisa rutin komunikasi lewat teleponan, chat, atau video call, saat merencanakan lagu. Rekaman dilakukan secara real-time," ungkap Sam Kim dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini.

"Walaupun kami berbeda lokasi, tapi kami bisa diskusi dan merekam langsung. Hasilnya sangat memuaskan dan saya ingin berterima kasih ke Raisa atas suara indahnya di lagu ini," sambung penyanyi kelahiran 19 Februari 1998 itu.


Ungkapan Gembira Raisa

Raisa pun tak kalah puasnya dengan hasil rekaman mereka berdua. Istri Hamish Daud ini juga mengaku sempat tak menyangka Sam Kim bersedia untuk berkolaborasi dengannya.

"Bekerja bersama Sam Kim sangat menyenangkan. Enggak menyangka obrolan casual kami berujung menjadi kolaborasi. Kami memiliki visi yang sama. Semoga lagu ini bisa mengantarkan kami berdua bertemu para pendengar baru di Indonesia dan Korea," Raisa menyampaikan dalam kesempatan yang sama.


Makna Lagu

Lagu "Someday" mengisahkan tentang pasangan yang memiliki ego tinggi, sehingga keduanya tidak dapat menyampaikan isi hati masing-masing secara baik. Untuk lagunya, Jukjae sebagai produsernya menarik beberapa referensi slow R&B.

Mood lagu yang manis namun juga mellow ini memiliki nuansa soundtrack drama Korea. Jukjae adalah sosok yang ikut membantu Sam Kim di album Sun and Moon (2018).

"Berangkat dari ide Raisa, kami yang memulai komunikasi project dengan Antena sebagai label dan agency Sam Kim. Ini bukan kali pertama JUNI bekerjasama dengan agency Korea Selatan," Adryanto Pratono selaku CEO dari JUNI Records turut menyampaikan.

"Sebelumnya JUNI menjadi inisiator membawa band Hyukoh konser di Jakarta. Melanjutkan kiprah tersebut, kali ini kami memimpin project lintas negara dengan mengajak Sam Kim," lanjutnya.


Terobosan Tahun Ini

Lagu "Someday" bisa dibilang telah menjadi terobosan untuk JUNI dan Raisa sepanjanga tahun ini. Mereka melihat lagu ini sebagai jembatan untuk menghubungkan para penggemar Raisa dengan fans soundtrack serial Korea Sam Kim.

"Ini kesempatan kami di JUNI bekerjasama dengan musisi generasi Korean Wave masa kini. Saya, Raisa, dan kami di JUNI berharap ini adalah awalan untuk kolaborasi lain di kemudian hari. Kami selalu memimpikan bekerjasama dengan lebih banyak kolaborator dari industri dunia," Adryanto Pratono memungkasi.

Lagu Someday sudah tersedia di platform streaming digital mulai Jumat (12/11/2021). Perilisannya diikuti oleh video musik yang dibuat di dua negara dan tayang perdana di kanal YouTube Raisa (Raisa6690) di hari yang sama.

Aktor Squid Game Paling Seksi

6 Potret Wi Ha Joon, Aktor Squid Game yang Masuk Daftar Bintang TV Terseksi 2021 Versi People

Liputan6.com 2021-11-12 21:00:00
Wi Ha Joon. (Instagram/ wi__wi__wi)

"Bintang Squid Game Wi Ha-Jun benar-benar rupawan dan semanis permen dalgona," begitu kata-kata yang dipilih People untuk mendeskripsikan sosok Wi Ha Joon. Kalimat penuh pujian ini disampaikan dalam artikel mengenai daftar 25 bintang TV terseksi 2021 versi media ini.

Artikel tersebut melengkapi edisi khusus tahunan mengenai Sexiest Man Alive, gelar yang pada 2021 diberikan kepada Paul Rudd.

Dalam daftar "Of 25 Sexiest Men On TV" tersebut, bintang drakor 18 Again ini disandingkan dengan sejumlah nama di dunia hiburan, mulai dari aktor Emily in Paris Lucas Bravo, hingga Penn Badgley yang membintangi You.

Ingin kenalan lebih jauh dengan Wi Ha Joon? Mari merapat, simak sejumlah fakta dan potret diri sang aktor Korea berikut ini:

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Kepala Tiga

Tahun ini, Wi Ha Joon baru memasuki usia kepala tiga, untuk perhitungan umur internasional. Ia lahir di Privinsi Jeolla, pada 5 Agustus 1991.


2. Tumbuh Besar di Tempat Budidaya Abalone

Diwartakan Harper's Bazaar, dalam acara Problem Child In The House, Wi Ha Joon menceritakan bahwa dirinya tumbuh besar di tempat budidaya abalone. Namun, ia mengaku malah jarang makan binatang laut ini.


3. Kuliah di Jurusan Teater dan Drama

Sebelum terjun sebagai aktor, ia menimba ilmu di Universitas Sungkyul dalam jurusan teater dan drama. Ia juga aktif sebagai model.


4. Nominasi Pendatang Baru Terbaik

Wi Ha Joon debut di dunia akting pada 2012 dalam sebuah film pendek. Peran utama pertamanya, adalah dalam film horor Gonjiam: Haunted Asylum.Film ini mengantarkannya kepada nominasi Pendatang Baru Terbaik di Chunsa Film Art Awards 2018, Grand Bell Awards 2018, hingga Blue Dragon Awards 2019.

Perannya di drakor Something in the Rainjuga memberikannya nominasi dalam kategori serupa di Korea Drama Awards 2018.


5. Ingin Jadi Pembunuh Berantai

Sejak awal terjun ke dunia akting, ada satu keinginan Wi Ha Joon: melakoni peran antagonis.

"Sejak muda aku memimpikan peran antagonis dan melakukan adegan laga seperti di film The Chaser. Aku ingin menjadi pembunuh berantai dan menjadi 'Ha Jung Woo kedua'," tuturnya, dalam sebuah wawancara dengan Arirang.


6. Ingin Muncul di Squid Game Season 2

Jauh sebelum kabar Squid Game Season 2 dikumandangkan, Wi Ha Joon sudah mengungkap keinginan untuk tampil lagi di musim selanjutnya. Sekadar peringatan, tulisan pernyataan sang aktor berikut ini mengandung bocoran Squid Game musim perdana.

"Harapanku musim keduanya muncul, Jun Ho kembali hidup-hidup, dan cerita tentang kakak Jun Ho berakhir dengan baik. Aku sangat ingin Jun Ho hidup, tapi ini tak bisa diprediksi. Hanya sutradara yang tahu. Aku ingin hidup dan muncul di Season 2," kata dia dalam wawancara Oktober lalu, diwartakan Soompi.

Afghanistan Kritis

Afghanistan Kritis: Kelompok HAM Bantu Cari Sumbangan

Liputan6.com 2021-11-14 10:00:40
Pejuang Taliban menguasai Istana Kepresidenan Afghanistan di Kabul, Afghanistan, Minggu (15/8/2021). Taliban menduduki Istana Kepresidenan Afghanistan dengan puluhan anggota bersenjatanya. (A

Kelompok Taliban berhasil merebut pemerintahan Afghanistan dengan mulus pada akhir Agustus 2021. Sayangnya, roda pemerintahan malah krisis. Kabar orang tua jual anak pun mulai terdengar.

Kelompok HAM pun ikut membantu agar dunia segera memberikan bantuan finansial kepada Afghanistan. Human Rights Watch (HRW) menilai ekonomi Afghanistan telah kolaps.

"Negara-negara donor, PBB, dan institusi-institusi finansial harus segera merespons ekonomi Afghanistan yang kolaps, dan rusaknya sistem perbankan untuk mencegah kelaparan yang meluas," tulis HRW dalam situs mereka, Kamis (11/11).

HRW merupakan kelompok HAM yang selalu membela hak perempuan hingga hak LGBT. Kedua hak itu kini tergerus di Afghanistan. Anak-anak perempuan di Afghanistan tak bisa sekolah sejak Taliban berkuasa.

Terkait Afghanistan, HRW khawatir pada malnutrisi di Afghanistan. Komunitas internasional diminta menyesuaikan sanksi mereka.

"Melihat krisis ini, para pemerintah, PBB, dan institusi finansial dunia perlu dengan urgen menyesuaikan restriksi-restriksi dan sanksi-sanksi eksisting yang berdampak ke ekonomi dan sektor perbankan negara ini," ujar John Sifton, direktur advokasi Asia di HRW.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harga Meroket, Anak Dijual

HRW turut mencatat bahwa sejak Taliban berkuasa harga-harga meroket. Rakyat Afghanistan juga kehilangan pendapatan. Masalah finansial yang terjadi menyulitkan akses warga ke air, makanan, tempat tinggal, dan layanan kesehatan.

Guru bahkan tak dapat gaji selama tiga bulan terakhir. Kesulitan pangan yang terjadi membuat masyarakat putus asa.

Kondisi makin menyulitkan karena musim dingin hampir tiba. Warga kebingungan bagaimana cara menghangatkan rumah mereka.

HRW turut prihatin pada nasib perempuan di Afghanistan. Pasalnya, kesulitan ekonomi membuat para keluarga menjual anak-anaknya, terutama anak gadis, agar bisa dinikahkan demi mendapat makanan dan membayar utang.

Hotel Terpencil Rp 497 Juta Semalam

Sheldon Chalet, Hotel di Tempat Terpencil Dunia Bertarif Rp 497 Juta

Liputan6.com 2021-11-12 20:10:53
Hotel Sheldon Chalet (Facebook.com/Sheldon Chalet).

Berlokasi di Gletser Ruth Denali, Alaska yang mempesona, Sheldon Chalet terkenal sebagai hotel di tempat paling terpencil di dunia. Hotel ini dan hanya dapat dicapai melalui udara, karena berada di punggung bukit Don Sheldon Amphitheatre.

Dilansir Oddity Central, Jumat (12/11/2021), Taman Nasional Denali, Alaska, yang membentang seluas enam juta hektar dan merupakan tempat perlindungan bagi beruang grizzly, karibu, rusa besar, serigala, dan satwa liar lainnya. Ini adalah salah satu tempat terindah yang dapat Anda kunjungi di Amerika Serikat, tetapi juga salah satu yang paling tidak dapat diakses.

Seperti, Don Sheldon Amphitheatre, sebuah lembah glasial yang terletak di ketinggian 1.829 meter, dulunya hanya dapat diakses dengan pesawat yang dilengkapi peralatan ski. Namun setelah Sheldon Chalet yang mewah selesai dibangun, Anda dapat memilih untuk naik helikopter pribadi.

Nama hotel Sheldon Chalet, berasal dari nama ayah dari dua pemiliknya yakni Robert dan Kate Sheldon. Hotel ini dibangun pada tahun 2018, dan langsung menjadi berita utama karena lokasinya yang tidak dapat diakses dan harga yang mahal untuk menginap 3 malam.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harga dan Fasilitas Hotel Sheldon Chalet

Hotel Sheldon Chalet menawarkan tempat privasi karena jauh dari tekanan kehidupan perkotaan, oleh karena itu hotel ini menjadi tempat peristirahatan yang sempurna bagi mereka yang mampu untuk berkunjung. Masa inap minimal 3 malam di Sheldon Chalet dikenakan biaya $35.000 atau setara dengan Rp 497 juta per pasangan.

Harga ini sudah termasuk layanan antar-jemput helikopter, pramutamu pribadi, makanan, dan kegiatan seperti naik eretan, trekking di gletser, dan mendaki gunung. Sheldon Chalet dapat menampung hingga 10 orang pada waktu tertentu, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari lingkungan yang tertutup salju di siang hari, dan aurora borealis di malam hari.

Pada siang hari, pengunjung dapat berkegiatan seperti rappelling, trekking gletser, mengunjungi boneyard mastodon, dan memancing. Sedangkan pada malam hari, Anda dapat menggunakan sauna di puncak gedung, melihat bintang, atau mencicipi hidangan yang disiapkan oleh koki Alaska, Dave Thorne.

Untuk mendapatkan izin membangun Sheldon Chalet butuh waktu lebih dari satu dekade. Selain itu sulitnya menerbangkan bahan-bahan yang diperlukan ke tempat terpencil ini membuat Robert Sheldon, sang pemilik membuka harga fantastis untuk penginapan di hotel ini. Anda tertarik?

Penulis: Vania Dinda Marella


Infografis Dampak Global Konflik AS Vs Iran

 

Anak Duterte Jadi Cawapres

Putri Presiden Rodrigo Duterte Resmi Jadi Cawapres Pemilu Filipina 2022

Liputan6.com 2021-11-14 14:00:00
Ilustrasi bendera Filipina (AFP/Noel Cells)

Putri Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengajukan pencalonannya sebagai wakil presiden, kata badan pemilihan Filipina, Sabtu 13 November 2021.

Langkah tersebut mengakhiri spekulasi yang berlangsung berbulan-bulan terkait rencana pemilunya di 2022.

Komisi Pemilihan (COMELEC) mengatakan lewat Facebook bahwa calon wakil presiden dari Partai Lakas-CMD mencabut berkas pencalonannya dan menggantikannya dengan Sara Duterte-Carpio.

Berkas penggantian diajukan oleh seorang wakil, kata COMELEC.

Duterte-Carpio (43) melalui juru bicaranya membenarkan pengajuan tersebut dan mengatakan akan mengeluarkan penyataan dalam waktu dekat, Reuters mewartakan sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (14/11/2021).


Keputusan Mengejutkan

Keputusan Duterte-Carpio dalam menyasar jabatan tertinggi kedua di negara itu mengejutkan karena dia memimpin jajak pendapat sepanjang tahun ini sebagai kandidat presiden terpilih.

"Ini kejutan," kata Antonio La Vina, dosen hukum dan politik Universitas Ateneo de Manila kepada Reuters.

"Kejutan selanjutnya adalah Wapres untuk siapa?," katanya.

Ayah Duterte-Carpio yang berusia 76 tahun dilarang oleh Konstitusi untuk mencalonkan diri dalam periode enam tahun kedua. Ia pada bulan lalu mengatakan pensiun dari politik.

Negara Asia Tenggara yang berpenduduk 110 juta orang itu akan menggelar pemilihan umum pada Mei 2022 untuk jabatan dari presiden hingga gubernur, wali kota, dan pejabat lokal.

Thailand Dibanjiri Wisatawan

Brand Fesyen Lokal Usung Konsep Tentang Alam untuk Tampilan Formal dan Kasual

Liputan6.com 2021-11-30 21:32:00
Brand Fesyen Lokal Usung Konsep Tentang Alam untuk Tampilan Formal dan Kasual. foto: istimewa

Bagi wanita, menjaga penampilan agar tetap rapih dan stylish memang sangat dibutuhkan untuk menunjang salah satu gaya hidup. Khususnya untuk wanita berkarir, tentu perlu menjaga penampilan demi kebutuhan bekerja, seperti rapat online dengan tim internal atau pihak eksternal maupun ketika Work From Office, dengan pakaian yang nyaman namun tetap bisa tampil stylish.

Ada tiga tips nih yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan penampilan yang rapih namun tetap stylish. Pertama, gunakan pakaian dengan material yang nyaman seperti linen dan cotton. Karena ketika bekerja kita menggunakan pakaian kerja hampir seharian, memakai bahan yang nyaman akan membuat kita lebih nyaman saat sedang bekerja.

Kedua, memadumadankan dengan outwear dan bawahan skirt akan memberikan look yang formal, elegant, dan juga stylish. Atau bisa dengan memakai blouse untuk tampilan yang lebih semi formal.

Ketiga, pilih desain motif yang sesuai dengan kepribadianmu. Untuk yang menyukai warna-warna basic bisa memakai warna-warna netral. Sedangkan, apabila lebih menyukai pattern pilih lah warna yang calming dan enak dipandang mata.

Sebagai contoh, salah satu brand lokal Mississippi Ladies, yang menjembatani kebutuhan para konsumennya khususnya wanita berkarier melalui koleksi terbarunya yang dapat digunakan secara casual maupun formal dan akan dirilis pada bulan November 2021 ini.

Koleksi terbaru Mississippi Ladies ini merupakan koleksi yang terbagi menjadi dua konsep yaitu koleksi yang tetap terhubung dan memiliki cerita tema tentang alamRosniawati selaku Creative Director dari Mississippi Ladies, mengatakan, bahwa brand ini meluncurkan koleksi terbarunya dengan nama "Paving The Way".

Inspirasi yang didapatkan untuk koleksi terbaru dari Mississippi Ladies ini adalah mengenai keindahan alam dengan pattern yang terinspirasi dari serat-serat alam.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Serat Alam

Astrid, selaku Head Desainer dari Mississippi Ladies mengatakan, "Kami memilih Pale Green sebagai warna utama, karena warnanya yang Calming, Sophisticated dan enak dipandang. Polanya juga mengambil inspirasi dari serat alami karena warna Pale Green adalah warna yang akan menjadi trend serta dapat diselaraskan koleksinya dengan tema nature sesuai dengan apa yang sedang kita usung".

"Karena kami fokus pada pakaian sehari-hari, bahan yang digunakan Mississippi untuk koleksi "Paving The Way" adalah linen dan cotton. Karena kami ingin koleksi ini nyaman sekaligus elegant, sehingga bahan ini mudah untuk dirawat," lanjutnya.

Untuk koleksi terbarunya sendiri, terdiri dari blouse, dress, linen outerwear, dan linen skirt beserta koleksi Mississippi Ladies lainnya. Nominal harga yang ditawarkan pun bisa dibilang terjangkau, dengan harga mulai dari Rp299.000 -- Rp500.000, kita bisa mendapatkan koleksi "Paving The Way" dengan pattern yang cantik dan premium ini.

Untuk koleksi tersebut dapat ditemukan dan dibeli di toko offline yang tersebar luas diseluruh Indonesia maupun secara online baik dari website ataupun marketplace yang tersedia. Bagi Anda yang berminat dan tertarik dapat mengikuti akun Instagram official lainnya untuk info lebih lanjut di @Mississippi_official.


Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

 

Ancaman Hidrometeorologi

Journal: Mengabaikan La Nina Berarti Menyambut Bencana Hidrometeorologi

Liputan6.com 2021-11-11 14:30:09
Journal_Bencana Hidrometeorologi Mencengkeram Dunia, Ini Bukti-buktinya (Liputan6.com/Abdillah)

Awal November 2021, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menetapkan sejumlah daerah di Indonesia dalam status siaga bencana hidrometeorologi. Benar saja, baru sampai 7 November 2021, sudah terjadi banjir di 32 lokasi.

Banjir bandang yang melanda Kota Batu, Malang, Jawa Timur, 4 November 2021, merupakan salah satu yang paling menyita perhatian masyarakat. Setidaknya tujuh warga tewas, 35 rumah rusak, dan 33 rumah lainnya terendam lumpur. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut penyebab banjir bandang karena adanya bendung alam yang jebol di kawasan hulu.

Daerah Garut, Jawa Barat, juga diterpa bencana banjir bandang pada 6 November 2021, yang menyebabkan sebuah jembatan putus sehingga 1.200 warga kampung terisolasi, karena tidak punya pilihan akses jalan yang lain. Menurut perangkat desa setempat, banjir terjadi karena hutan beralih fungsi menjadi lahan yang ditanami kopi dan sayuran.

Sejumlah wilayah di Jakarta juga terendam banjir setelah hujan deras yang turun pada Minggu 7 November 2021. Ketapang, Kalimantan Barat juga diterjang banjir, sedangkan di Mamasa, Sulawesi Barat, bukan hanya banjir, tapi juga terjadi bencana tanah longsor setelah hujan lebat yang mengguyur.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mencatat, dalam kurun waktu lima tahun terakhir pada periode 2016 hingga 2020, ada sebanyak 17.032 kali bencana yang terjadi di Indonesia. Nyaris 99 persen bencana yang dilaporkan tersebut merupakan jenis bencana hidrometeorologi.

Jumlah bencana alam di Indonesia periode 2006 - 9 November 2021 (BNPB)

Bencana hidrometeorologi di antaranya banjir, banjir bandang, longsor, cuaca ekstrem, kekeringan, serta kebakaran hutan dan lahan. Biasanya, bencana hidrometeorologi diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi, seperti curah hujan, kelembapan, temperatur, dan angin.

Sebelumnya, BMKG juga telah memperingatkan tentang potensi terjadinya La Nina di Indonesia dalam kurun waktu Oktober 2021 sampai Februari 2022. Berdasarkan peristiwa La Nina pada 2020, curah hujan bakal meningkat pada November 2021-Januari 2022.

Daerah yang mengalami peningkatan curah hujan terutama di wilayah Sumatra bagian selatan, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Curah hujan bulanan di daerah itu naik 20-70 persen lebih besar dibanding saat normal. Umumnya, intensitas La Nina baru akan lemah-sedang sampai akhir Februari 2021.

BMKG sendiri sebelumnya telah memperkirakan bahwa musim hujan tahun ini datang lebih cepat. Sepanjang musim kemarau tahun ini, laut di Indonesia cenderung lebih hangat dibanding normal, sehingga curah hujan punya kecenderungan di atas normal. Apabila curah hujan di atas normal, maka efeknya pada sebagian besar wilayah itu musim hujannya maju dibandingkan normalnya.


Mengenal dan Mewaspadai La Nina

Fenomena La Nina yakni menurunnya Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah hingga kurang dari kondisi normalnya. Pendinginan SML itu mengurangi potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah. Lalu, embusan angin pasat (trade winds) yang lebih kuat dari biasanya di sepanjang Samudera Pasifik dari Amerika Selatan ke Indonesia, membuat massa air hangat terbawa ke arah Pasifik Barat.

Ketika massa air hangat berpindah tempat, maka air menjadi lebih dingin di bawah laut Pasifik dan akan naik ke permukaan untuk mengganti massa air hangat yang berpindah tadi. Proses itu disebut upwelling dan menyebabkan SML turun.

Peristiwa itu membuat curah hujan di Indonesia meningkat dan musim hujan terjadi lebih lama. Risiko bencana banjir identik dengan potensi kenaikan curah hujan. Ini kebalikan dari fenomena El Nino, di mana identik dengan peningkatan suhu, kemarau panjang, yang berujung pada kekeringan dan kesulitan air.

Sebenarnya, peringatan kewaspadaan terhadap La Nina diterbitkan BMKG hampir setiap tahun. La Nina, yang berarti anak perempuan ini, dampaknya bakal terasa di wilayah selatan, tengah, dan timur pada bulan September, Oktober, dan November. Sedangkan di wilayah tengah-utara, efek La Nina dapat dirasakan pada bulan Desember, Januari, dan Februari.

Terdapat empat faktor besar yang memengaruhi iklim di Indonesia di antaranya, kejadian El Nino atau La Nina, Angin Monsun, gangguan atmosfer, dan suhu permukaan air laut. Fenomena La Nina tahun ini diketahui datang lebih akhir, bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Menurut Koordinator Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Supari Klimat, tahun ini baru bulan Oktober dinyatakan sedang terjadi La Nina, sedangkan tahun lalu dimulai pada Agustus.

Terdapat indeks yang merepresentasikan kejadian La Nina itu, di mana perubahannya dari level weak atau lemah menunju level moderat atau sedang. Tahun lalu, La Nina mencapai level moderat pada Oktober setelah dimulai Agustus.

"Tahun ini, Oktober dinyatakan sedang terjadi La Nina dan di November itu sudah mencapai level moderat," kata Supari kepada Liputan6.com.

Sebaran bencana alam di Indonesia periode 1 Januari - 9 November 2021 (BNPB)

La Nina menyebabkan atmosfer Indonesia menjadi lebih basah, dan hal itu memudahkan terbentuknya awan yang membuat curah hujan lebih tinggi. Namun, dampak La Nina baru bisa diketahui setelah hujan yang turun selama sebulan dianalisa dan diukur.

"Misalnya curah hujan di bulan November itu di atas normal, curah hujan Desember nanti di atas normal. Beberapa bulan berikut baru kita bisa mengatakan, 'Oh ini dampak La Nina'," jelasnya.

Yang perlu dipahami, banjir besar yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia tidak terkait langsung dengan La Nina. Kondisi cuaca ekstrim harian, termasuk hujan, juga tidak dapat selalu dihubungkan dengan fenomena La Nina. Tapi, La Nina lebih ke kondisi total, bukan kondisi cuaca saat banjir terjadi.

"La Nina itu bekerja di background-nya, karena dia kan fenomena berskala besar. Banjir yang sesaat itu pasti disebabkan oleh kondisi cuaca saat itu. Bukan La Nina-nya," beber Supari.


Antisipasi Bencana yang Kian Ekstrem

Peneliti Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia, Adila Isfandiari, mengatakan bencana hidrometeorologi seperti kebakaran hutan dan kekeringan sebenarnya sudah terjadi sejak dulu. Tapi dengan adanya krisis iklim, maka bencana-bencana tersebut akan semakin sering intensitasnya dan semakin parah ke depannya.

Ia menjelaskan, ketika ada gangguan di atmosfer, misalkan gas rumah kaca yang jumlahnya ekstrem, maka akan mengganggu semua sistem di atmosfer termasuk cuaca dan keadaan hidrometeorologi.

"Kondisi bumi yang makin panas memicu banyak perubahan di atmosfer. Salah satunya adalah air laut semakin cepat menguap dan awan semakin banyak. Awan kemudian turun menjadi hujan dan itu yang menyebabkan curah hujan ekstrem," kata Adila kepada Liputan6.com.

"Kayak misalkan hujan tahun baru 2020 di Jakarta, kan terekstrem selama 150 tahun atau yang di Kalimantan, hujannya berhari-hari dan terjadi banjir terbesar dalam 50 tahun. Yang seperti itu akan semakin sering ke depannya."

Infografis: Waspada Bencana Hidrometeorologi (Liputan6.com / Abdillah)

Adila mengatakan, pemerintah bisa melakukan dua tindakan antisipasi untuk menolong masyarakat dari bencana hidrometeorologi. Yang pertama adalah early warning system. Jadi, ketika ada curah hujan tinggi atau air pasang, pemerintah harus bisa memberi peringatan cepat kepada masyarakat.

Kedua, kata Adila, pemerintah harus membangun awareness masyarakat soal krisis iklim. "Di Indonesia untuk krisis iklim, kita belum ada sense of crisis yang benar-benar tinggi. Padahal kita sudah berada di situasi krisis."

Sementara itu, menurut Supari Klimat, peningkatan curah hujan karena La Nina menambah risiko terjadinya tanah longsor. Hujan membuat tanah menjadi lebih basah sehingga kondisi kejenuhan tanah lebih cepat tercapai. Ketika sudah jenuh, tanah tak lagi bisa menyerap air.

Potensi bencana banjir yang sifatnya bukan incidental juga semakin besar terjadi. Dalam ini, kata Supari, antisipasinya adalah pemerintah menyiapkan tata kelola air yang antisipasif dengan asumsi bahwa La Nina akan meningkatkan jumlah curah hujan dalam beberapa bulan ke depan.

Maka, semua tampungan air yang berskala besar seperti waduk dan bendung, mesti disiapkan untuk skenario curah hujan berlimpah. Di sisi lain, masyarakat diminta melakukan antisipasi terhadap limpasan air yang berlimpah pada saat hujan. Masyarakat juga bisa menebang dahan pohon yang rapuh, membersihkan saluran air selokan dari sampah.


Akibat Ulah Manusia

Kepala BNPB, Letjen TNI, Ganip Warsito, mengungkapkan, selama periode 2021, setidaknya terdapat 2.172 kejadian bencana alam sampai 3 November 2021, yang juga didominasi jenis bencana hidrometeorologi. Apabila dirata-rata, setidaknya Indonesia mengalami peristiwa bencana sebanyak 10 kali dalam sehari.

Angka itu tentu saja bukan jumlah yang kecil. Belum lagi kerugian yang dialami ketika terjadi bencana, baik kehilangan nyawa anggota keluarga maupun harta benda berharga yang raib.

Analisa InaRISK menyebut wilayah Indonesia rawan terhadap potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Populasi yang berpotensi terpapar bahaya tersebut mencapai 100,81 juta jiwa yang tersebar di seluruh Indonesia. Demikian pula bahaya tanah longsor, yang teridentifikasi di 33 provinsi dengan potensi populasi terpapar mencapai 14 juta jiwa.

InaRISK merupakan portal kajian risiko yang menggambarkan wilayah ancaman bencana, disertai populasi terdampak dan potensi kerugian yang bisa dialami. Dengan penelitian ini, semestinya masyarakat Indonesia patut khawatir.

Selain itu, berdasarkan survei YouGov-Cambridge Globalism Project pada 2019 lalu, Indonesia juga menjadi negara dengan masyarakat yang paling banyak tidak percaya bahwa krisis iklim yang berdampak pada bencana alam terjadi akibat ulah manusia.

Indonesia berada di peringkat pertama dari 23 negara dengan persentase 18 persen. Sementara, posisi kedua dan ketiga ditempati Arab Saudi (16 persen) dan Amerika Serikat (13 persen).

Anggapan ini jelas berlawanan dengan apa yang dipercayai para peneliti. Pakar menyebutkan bahwa penyebab utama perubahan iklim dan pemanasan global terbesar adalah manusia.

"Dari survei Cambridge itu kita bisa lihat bahwa masyarakat Indonesia bukan denied, tapi tidak tahu kalau krisis iklim disebabkan manusia dan tidak tahu dampaknya seperti apa. Di sini kelihatan bahwa awareness masyarakat kurang dan pemerintah tidak membangun sense of crisis," ucap Adila.

Demi mengatasi ancaman bencana hidrometeorologi ke depannya, pemerintah diharapkan bisa benar-benar berkomitmen dengan krisis iklim. Salah satunya adalah dengan meninggalkan bahan bakar fosil.

"Bahan bakar fosil adalah penyumbang gas rumah kaca yang paling besar. Tapi sejauh ini komitmen pemerintah masih setengah hati. Harus ada aksi iklim yang nyata dan sesegera mungkin," ucap wanita lulusan University of Leeds tersebut.


INFOGRAFIS